Jangan Takut Gagal, Ini Dia Tips Memulai Bisnis di Usia Muda

1 month ago

Sekarang makin banyak pebisnis muda bermunculan, menandakan anak bangsa sudah makin kreatif dan tak lagi harus tergantung dari pekerjaan yang ditawarkan perusahaan. Kalau hanya melihat saja, sepertinya jadi pebisnis muda adalah hal yang sangat jauh dari jangkauan kita. Padahal, mungkin saja kita berpotensi untuk sukses juga! Yuk simak apa saja tips memulai bisnis bagi pemula di bawah ini.

Temukan Passion

Tips memulai bisnis untuk pemulayang pertama adalah temukan dulu apa passion kita. Beruntung buat kamu yang sudah tahu apa hal yang paling kamu minati sejak dini. Kamu bisa langsung terjun ke sana untuk menemukan peluang bisnisnya. Tapi bagi yang belum tahu apa passion mereka, tidak ada kata terlambat untuk memulai.

Bisnis yang sukses biasanya didasari oleh ide-ide yang jadi passion pemiliknya. Dengan begitu, pemilik bisnis mampu lebih fokus dan termotivasi dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis mereka. Keinginan untuk mengulik passion pasti lebih besar, dibandingkan saat kamu memilih bisnis asal-asalan saja atau hanya berdasarkan tren semata.

Lihat Potensi dan Peluang

Cara memulai bisnisselanjutnya adalah pandai-pandai melihat potensi dan peluang bisnis. Tren di pasar penting banget buat diperhatikan, terutama bagi yang baru merintis. Apa yang sedang digemari pasar saat ini? Apa yang bisa kita gunakan dari tren tersebut? Dan lain sebagainya.

Ini juga bisa jadi tips memulai bisnis fashionyang penting. Kalau kita sudah tahu mau fokus di bidang apa, pasti jadi lebih mudah untuk membuat rencana. Untuk tren fashion, pergantiannya dapat dibilang cukup cepat. Dengan mengetahui tren fashion saat ini, setidaknya kita tahu model seperti apa yang akan laku di pasaran.

Akan lebih baik kalau kita sudah punya fokus tujuan. Misalnya berjualan produk fashion street style untuk menggaet pasar anak muda. Atau berjualan outfit untuk wanita berhijab dengan target pasar usia 25 – 40 tahun. Makin sempit pasarnya, kita bisa lebih mudah mengecek potensi dan peluangnya.

Lakukan Survei

Tips memulai bisnis dari nolyang patut dilakukan adalah melakukan survei. Survei yang dilakukan bisa dari banyak sisi. Misalnya untuk mengetahui harga pasar dari produk kompetitor.  Dengan survei terlebih dahulu, kita dapat mengondisikan harga yang akan dipasarkan oleh bisnis kita. Sehingga, tidak akan memberikan harga yang terlalu mahal, atau justru terlalu murah.

Contoh jernis survei berikutnya adalah survei lokasi. Mana lokasi bisnis yang paling menguntungkan. Misalnya produk untuk anak muda, lebih baik cari lokasi di dekat kampus. Bisnis makanan, bisa pilih di area perkantoran atau perumahan. Yang pasti lokasi strategis pasti jadi pilihan utama. Apakah survei juga termasuk tips memulai bisnis online? Tentu saja.

Bisnis online juga butuh survei. Misalnya survei kurir yang pelayanannya paling baik menurut konsumen. Atau metode pembayaran apa yang paling disuka konsumen belanja online. Dengan begitu, kita bisa menggunakan layanan yang paling diminati konsumen. Jadi, bisnis kita mampu lebih memuaskan keinginan konsumen. Lebih tertata dan tak hanya asal saja.

Sesuaikan Modal

Banyak orang yang urung untuk memulai bisnis karena merasa tidak punya modal. Padahal, kebanyakan pengusaha mendapat modal dengan cara mengajukan pinjaman atau mencari suntikan dana dari investor. Jadi tidak harus keseluruhan modal itu berasal dari kantong kita sendiri. Yang pasti, kita harus menyesuaikan jumlah modal kita dengan bisnis yang akan dijalankan.

Tips bisnis suksesadalah membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu, termasuk masalah pembukuan yang harus terperinci. Bahkan, untuk membuat bisnis berskala kecil sekalipun, harus dibuat rinci rencana pengeluarannya. Ini bisa jadi tips memulai bisnis kuliner kecil-kecilan dari rumah. Meski kesannya kecil, rencana keuangan harus dilakukan sejak awal.

Lalu, kalau mau mengajukan pinjaman dari bank sekalipun, pastikan sudah membuat rencana yang detail. Untuk apa saja jumlah yang akan dipinjam itu? Rencana yang matang seperti ini membuat perkembangan bisnis kita jadi lebih tertata. Selain itu, pihak bank pun mungkin akan lebih yakin untuk mengeluarkan anggaran pada bisnis kita, karena memandang kita sebagai pebisnis yang punya rencana matang.

Manfaatkan Media Sosial

Semua pasti setuju kalau media sosial sekarang punya peran sangat penting untuk promosi. Sebenarnya ini sangat menguntungkan, karena pemilik bisnis jadi punya satu media promosi yang gratis! Cukup upload konten yang rajin, gunakan tagar yang sesuai, sudah jadi satu bentuk promosi. Hanya saja, karena sekarang semua orang berpromosi lewat media sosial, jadi pebisnis dituntut untuk lebih kreatif.

Sosial media sebagai alat promosi pastinya jadi salah satu tips memulai bisnis online untuk pemula. Namanya bisnis online, promosinya pun pasti lebih mudah via online. Tapi pemilik toko offline sekalipun juga banyak yang menggunakan media sosial untuk alat promosi. Cara ini memang ampuh banget, karena kebanyakan orang menggunakan sosial media.

Ini juga bisa jadi tips memulai bisnis untuk mahasiswa. Anak muda cenderung menggunakan media sosial lebih sering dibandingkan kalangan usia lainnya. Entah itu bisnis kuliner, fashion, jasa, dan masih banyak lagi. Mahasiswa cukup memanfaatkan media sosial untuk menawarkan produk dan jasanya.

Siap Berkorban

Tips memulai bisnis di deretan terakhir adalah harus siap berkorban. Apa maksudnya? Untuk membangun bisnis dan ingin sukses tentu saja sama sekali tidak mudah. Banyak bisnis yang awalnya sukses, tapi tidak bisa mempertahankan kesuksesannya dalam jangka waktu panjang. Berbisnis memang butuh kerja keras dari mulai menata rencana, membangun bisnis, mengembangkannya, hingga mempertahankan kesuksesannya.

Di awal bisnis, jelas si pemilik harus siap berkorban. Apa yang dikorbankan? Sudah pasti waktu. Perhatikan saja tips bisnis dari para pengusaha sukses. Di masa mudanya, mereka tidak mungkin hanya santai-santai saja. Mereka menghabiskan waktunya untuk menekuni bisnis, belajar, dan mencari pengalaman. Paduan semuanya itu pasti berguna di kemudian hari. Intinya, kerja keras pasti membuahkan hasil.

Mengorbankan waktu juga bisa jadi tips memulai bisnis untuk mahasiswa. Misalnya saja, mahasiswa yang sebaya lainnya bisa punya waktu santai dan waktu belajar di jam-jam normal. Sedangkan kalau kita mau bisnis sambil kuliah, sudah jelas kita bakal kehilangan waktu santai. Untuk belajar dan mengerjakan tugas pun kita harus siap begadang dan memanfaatkan waktu yang sempit.

Ini juga akan berpengaruh pada orang-orang di sekitar kita. Karena harus bekerja keras, tak jarang pebisnis harus mengorbankan masa kebersamaan dengan orang terdekat. Banyak hal yang harus dilewatkan karena sibuk membangun bisnis. Sejak awal, kita mau tak mau harus menyadarinya jadi bisa menjalaninya dengan ikhlas.

Nah, sudah dapat berbagai tips memulai bisnis untuk pemula, jadi makin siapkan untuk merencanakan bisnis sendiri? Jangan takut gagal dan jangan ditunda lagi, yuk mulai bergerak sekarang biar jalan suksesnya lebih terbuka lebar!

Kembali ke list