Mau Buka Bisnis? Ini 7 Ide Bisnis Menjanjikan untuk Anak Muda!

1 month ago

Masih muda, namun sudah sukses? Untuk mencapai hal ini, peluangnya sekarang terbuka lebar. Memang tidak mudah, tapi dengan perkembangan media sosial sepertinya semakin mungkin untuk dilakukan. Berbagai ide bisnisdari anak muda yang kreatif jadi angin segar dan akhirnya booming. Apa saja ide bisnis anak muda yang bisa kita terapkan? Yuk, simak jenis-jenisnya di bawah ini.

Toko Online

Punya usaha sendiri jadi salah satu jalan untuk menuju gol muda, kaya dan sukses. Ada banyak jenis usaha yang berpeluang untuk ditekuni dan jadi sukses, salah satunya adalah membuka toko online. Bahkan punya toko online sendiri merupakan salah satu jalan usaha yang bisa dilakukan oleh remaja. Tak sedikit anak remaja kreatif yang sudah mulai berjualan di media sosial, maupun platform e-commerce.

Ada banyak ide jualan untuk remaja yang berpotensi sukses. Salah satunya adalah jualan pulsa online. Ada juga yang jualan voucher streaming online. Atau menjual jasa mereka, misalnya jago mendesain, membuat kue, dan masih banyak lagi. Hal lain yang lagi marak dilakukan adalah berjualan merchandise artis idola K-pop. Bisnis ini ada yang dilakoni oleh remaja yang masih duduk di bangku SMA.

Tentu saja, karena masih belum berpengalaman dan masih harus banyak belajar, sebaiknya para remaja didampingi saat mulai berjualan dan berbisnis. Dengan arahan yang tepat, bukan tak mungkin mereka bisa mengumpulkan uang jajan sendiri sedari muda!

Thrift Shop

Satu lagi ide usaha kecil kecilan untuk remaja yang relatif mudah dilakukan, yaitu membuka thrift shop. Ini adalah kata lain dari pasar loak atau berjualan barang second hand atau preloved, alias barang bekas pakai. Sudah banyak remaja yang membuka usaha ini dengan tujuan yang beragam. Entah itu keuntungannya untuk digunakan sendiri atau untuk disumbangkan ke pihak yang membutuhkan.

Membuka thrift shop adalah ide bisnis remaja yang banyak dampak baiknya. Remaja kebanyakan masih bertumbuh. Jadi pakaian dan sepatu mereka biasanya hanya dipakai sebentar saja sampai sudah tidak muat lagi. Nah, barang-barang yang masih dalam kondisi bagus ini dapat dikumpulkan dan dijual kembali dengan harga miring.

Thrift shop bisa dibuka saat ada event di sekolah, misalnya. Atau ikut bazar yang sering diadakan di berbagai kesempatan. Selain itu, di jaman serba online seperti sekarang, produk preloved yang masih layak pakai juga bisa dijual via online. Entah itu di media sosial seperti Instagram atau di platform e-commerce. Kalau kondisinya masih bagus, peminatnya pun pasti banyak, kok!

Kuliner

Bisnis kuliner jadi ide bisnis untuk anak mudaberikutnya. Ini adalah bisnis yang akan selalu dicari orang, karena makanan adalah kebutuhan dasar setiap orang. Tapi memang saking banyaknya yang punya usaha kuliner, tak semuanya bisa sukses dan tahan lama. Usaha kuliner bisa ditekuni bagi yang hobi dan jago memasak, bahkan sejak masih duduk di bangku sekolah.

Misalnya jago bikin kue, bisa buka jasa membuat kue menurut pesanan. Jualan camilan di sekolah, kampus, ataupun tempat les, juga bisa menjadi pilihan. Memulai di usia muda membuat pengalaman kita bertambah. Siapa tahu begitu modal sudah terkumpul, kamu bisa membuka bisnis kuliner yang lebih besar.

Kalau mau buka tempat makan, pastikan pilih lokasi yang strategis dan ramai. Selain itu, bisnis kuliner sekarang juga ramai dipasarkan di platform e-commerce. Peluang promosi terbuka lebar. Pastikan jenis kuliner yang dijual unik dan dikemas dengan higienis, supaya pelanggan banyak berdatangan dan tetap loyal.

Kafe dan Kedai Kopi

Makin banyak khalayak yang suka minum kopi sehari-hari. Karena itu, kafe dan kedai kopi semakin menjamur. Membuka kedai kopi sendiri cocok untuk bisnis anak muda. Kedai kopi kecil-kecilan bisa dibuka di daerah pemukiman warga, kampus, hingga area perkantoran. Sering kali tak perlu menyediakan tempat minum, karena kedai dikhususkan untuk pemesanan drive thru.

Tapi kalau ingin membuka yang skalanya lebih besar, bisa juga membuat kafe. Seperti bisnis offline lainnya, pastikan memilih lokasi yang tepat. Biasanya kafe lebih banyak pengunjungnya kalau berada di dekat perkantoran atau kampus. Karena tingkat persaingannya cukup tinggi, pastikan memilih nama yang unik dan kualitas kopi yang baik supaya disukai pembeli dan bisa bertahan lama.

Spot Foto

Buat yang hobi selfie atau wefie bareng teman dan keluarga, bisa juga jadikan ini sebagai lahan bisnis. Caranya adalah membuat spot foto yang menarik. Bisnis semacam ini bisa dibuka di rumah atau menyewa tempat sendiri. Sediakan background yang beragam dan kreatif supaya menarik.

Bisa juga jadi penyedia spot foto yang bisa disewa. Sekarang, jasa ini makin banyak dibutuhkan . Misalnya di acara pernikahan, ada spot foto sebelum kita memasuki aula. Atau di berbagai acara seperti festival musik dan keramaian lainnya. Ada spot foto khusus sesuai tema yang bisa digunakan untuk pengunjung menagabadikan momen.

Freelance

Freelance adalah ide bisnis anak muda lainnya yang peluangnya makin besar dengan perkembangan teknologi yang pesat. Lowongan pekerjaan freelance banyak tersedia di dunia maya. Kita bisa pilih yang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Misalnya punya kemampuan berbahasa asing, bisa pilih jasa terjemahan freelance. Bagi yang punya kemampuan mendesain, bisa ambil pekerjaan desain freelance.

Mengambil pekerjaan freelance juga jadi bisnis remaja yang bisa diandalkan. Kita bisa mencari pekerjaan freelance di platform pencarian kerja. Kamu juga bisa mempromosikan diri sendiri di media sosial. Tawarkan jasa kita sesuai kemampuan. Buat rincian yang detail soal kemampuan kita, siapa tahu ada yang butuh dan tertarik memakai jasa kita.

Laundry

Ide usaha anak mudayang terakhir adalah membuka bisnis laundry atau jasa cuci. Saat ini, banyak orang yang membutuhkan jasa laundry. Karena tuntutan hidup yang lebih besar, tak sedikit orang yang sudah tidak punya waktu lagi untuk mencuci pakaian sendiri. Karena itu, jasa laundry seringkali sukses menjadi solusi, asalkan dibuat di lokasi yang tepat. Misalnya di lingkungan padat penduduk, dekat kampus, atau perkantoran yang banyak tempat kosnya.

Bisnis laundry bisa dibuka di dalam rumah, selama punya lahan yang memadai. Bisa juga dengan menyewa tempat khusus yang terpisah. Karena bisnis laundry makin banyak peminatnya, maka sekarang banyak yang menawarkan franchise laundry. Jadi kita bisa membeli atau menyewa berbagai perlengkapan untuk bisnis.

Dengan franchise, kita sudah mendapatkan semuanya dan tinggal menjalankan saja. Mulai dari mesin cuci, mesin pengering, detergen, setrika, dan lain sebagainya. Biasanya akan diajarkan kiat sukses dan jasa promosi juga supaya bisnis laundry kita tak kalah saing dengan yang lainnya.

Dari keenam ide bisnis anak muda di atas, mana yang paling cocok denganmu? Atau justru sudah punya ide sendiri? Pastikan membuka bisnis yang sesuai dengan kemampuanmu. Kalau bisa, yang sesuai dengan passion atau minatmu. Tekuni betul supaya jalan menuju sukses lebih mudah diraih. Selamat mencoba!

Kembali ke list