Cek Kelebihan dan Kekurangan Paylater Sebelum Berbelanja!

2 weeks ago

Metode pembayaran paylater sangat menguntungkan konsumen karena bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan cepat. Salah satunya yaitu konsumen bisa mengatur cashflow keuangan jika paylater digunakan dengan tepat. Tapi tentu saja, tiap metode pembayaran pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Lalu apa saja sih kelebihan dan kekurangan paylater? Yuk cari tahu di sini!

Kelebihan Paylater

Banyak keuntungan paylater yang bisa didapatkan oleh para konsumen ketika berbelanja kebutuhan mereka. Metode pembayaran mencicil tanpa kartu kredit ini makin marak digunakan karena berbagai kelebihannya di bawah ini:

Praktis dan Mudah

Mungkin ada yang bertanya-tanya, apa bedanya paylater dengan kartu kredit? Kan dua-duanya sama-sama mencicil? Tentu saja berbeda, karena paylater lebih praktis dan mudah didapatkan. Untuk membuat kartu kredit, tidak semua orang bisa melakukannya. Biasanya ada syarat-syarat seperti harus memiliki pekerjaan tetap atau harus memiliki gaji tetap dalam jumlah tertentu.

Untuk menggunakan paylater, syaratnya jauh lebih mudah. Mendaftar pun bisa dilakukan dari rumah saja. Cukup sediakan KTP yang masih berlaku, foto KTP, dan lakukan selfie dengan KTP. Setelah itu, biasanya,pendaftaran paylater sudah selesai dan bisa langsung digunakan. Mudah bukan?

Proses Cepat

Ini dia keuntungan menggunakan paylater yang sangat disukai konsumen yaitu prosesnya yang cepat. Bukan hanya pendaftarannya saja yang cepat, tetapi juga saat berbelanja. Kita tinggal memilih barang yang sedang ingin dibeli, lalu pilih periode membayar. Periode pembayaran pun beragam, ada yang menawarkan periode 3 bulan – 12 bulan. Kemudian, jika sudah memilih periode pembayaran, lakukan konfirmasi Selanjutnya barang pun akan dikirimkan ke alamat penerima.

Proses belanja dengan paylater bisa dilakukan kurang dari 5 menit. Masalah pengiriman barangnya tentu tergantung masing-masing toko. Proses cepat ini jelas sangat membantu, terutama kalau produk yang kita beli itu sangat dibutuhkan. Tanpa perlu keluar rumah, kita bisa dapat barang kebutuhan langsung diantar ke tangan kita.

Banyak Promo Menarik

Platform paylater sering kali mengadakan berbagai promo untuk menarik perhatian konsumen agar menggunakan layanan ini. Misalnya saja promo jumlah cicilan tiap bulannya, yang jelas lumayan banget karena bisa sedikit mengurangi pengeluaran.

Tidak hanya itu, promo yang disediakan juga berbeda-beda dari tiap platform paylater. Kita bisa pilih sendiri platform paylater mana yang promonya lebih sesuai dengan kebutuhan. Lebih meringankan pengeluaran setiap bulan, jelas promo semacam ini bakal menarik perhatian banyak konsumen.

Penggunaan Mudah

Cara menggunakan paylater yang mudah jadi keuntungan pakai paylater berikutnya. Paylater lebih mudah diakses, misalnya dibandingkan pembayaran bank transfer via ATM, bayar di gerai minimarket, atau kartu kredit. Tanpa perlu keluar rumah, kita bisa tetap belanja berbagai macam kebutuhan hanya menggunakan sentuhan jari.

Kemudahan sudah dimulai dari proses pendaftaran yang cepat dengan syarat yang mudah. Berikutnya, selama kita selalu rajin membayar cicilan tepat waktu, berbagai kemudahan lain bisa kita dapatkan. Di antaranya adalah limit belanja yang lebih besar. Pilihan belanjaan dengan paylater pun variatif. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, produk fashion, gadget hingga peralatan dapur.

Alternatif Cicilan Selain Kartu Kredit

Kalau dulu konsumen hanya bisa mencicil menggunakan kartu kredit, yang tak semudah itu didapat, sekarang sudah ada paylater yang jauh lebih mudah diraih dan digunakan. Mencicil bukan lagi khusus untuk pemegang kartu kredit saja. Konsumen yang tak punya kartu kredit pun bisa menikmati metode pembayaran cicilan yang memudahkan belanja.

Kekurangan Paylater

Memang tak ada alat pembayaran yang 100% bebas risiko, sekecil apa pun risikonya. Metode paylater juga punya kekurangan kecil yang perlu diwaspadai. Ini dia beberapa kekurangan paylater yang perlu kamu tahu sebelum menggunakan jasanya:

Kebiasaan Hidup Boros

Pakai paylater memang gampang banget. Saking gampangnya, ini justru bisa mengarah ke penggunaan yang tidak tepat yaitu gaya hidup boros. Karena merasa serba gampang, kita jadi lebih mudah belanja. Sebenarnya kekurangan ini hampir sama dengan kekurangan belanja dengan kartu kredit. Karena rasanya kita belanja tanpa mengeluarkan uang, jadi jauh lebih mudah untuk pilih ini dan itu.

Padahal jelas ini tidak benar. Kita tetap belanja dengan uang sendiri, hanya bayarnya nanti. Bagi yang sudah paham betul konsep ini, pasti tidak akan menyalahgunakan paylater. Tapi bagi yang mudah tergoda, jelas bakal jadi lebih boros dibandingkan sebelumnya.

Risiko Keamanan Data

Untuk menggunakan paylater, pastinya kita harus mendaftarkan diri. Pada umumnya, proses pendaftaran ini dilakukan 100% secara online. Tak hanya memberikan nama dan tanggal lahir, kita juga harus memberikan info KTP asli, lengkap dengan foto wajah kita. Info pribadi ini akan tersimpan di database online.

Tentu ada risiko keamanan data yang harus kita waspadai. Mungkin saja data kita digunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi tenang, ada solusinya kok. Pastikan sejak awal pilih platform paylater yang resmi dan terdaftar di Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan. Platform yang resmi jelas jauh lebih aman. Konsumen pun bisa tetap lanjut belanja dengan rasa nyaman.

Denda Telat Bayar

Sama dengan pembayaran dengan kartu kredit, kalau kita telat bayar pasti akan ada dendanya. Jumlah denda telat bayar paylater memang harus diakui cukup besar. Ini sebenarnya wajar saja, karena pengguna paylater sudah diberikan berbagai kemudahan. Kewajiban pengguna hanya bayar cicilan tepat waktu. Kalau telat, tentu ada kompensasinya.

Kalau sampai kelupaan bayar satu hari saja, denda paylater bisa jadi cukup besar dan memberatkan. Belum lagi, akan ada pihak yang menelepon untuk menagih, tentu ini akan mengganggu. Karena itu, kalau sudah memutuskan pakai paylater, sebaiknya ingat kapan tanggal jatuh temponya. Kalau perlu, nyalakan alarm khusus untuk bayar cicilan paylater. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari bayar denda.

Penambahan Tanggung Jawab Membayar Cicilan

Kelebihan membeli barang dengan tunai adalah kita bisa dapat barang yang sudah 100% jadi milik kita. Saat menggunakan barangnya pun jadi lebih nyaman, karena kita sudah tidak punya tanggung jawab lain yang menunggu. Sedangkan kalau bayar dengan cicilan, barang memang sudah ada di tangan. Tapi tetap ada beban tanggung jawab karena bayarnya masih mencicil.

Memang ini hal yang wajar. Kalau sudah memilih bayar dengan metode paylater, jelas ada tanggung jawab tambahan buat mencicil. Jadi sebenarnya dari awal kita sudah harus menyadari hal ini. Hal ini justru bisa jadi motivasi untuk menghasilkan uang lebih baik supaya mampu bayar cicilan. Kita juga jadi lebih menjaga produk yang dibeli agar bisa tahan lama.

Itu tadi sederet kelebihan dan kekurangan paylater. Jika digunakan dengan bijak dan tepat, khusus untuk barang yang memang kita perlukan, paylater bisa sangat membantu. Kita jadi bisa memenuhi kebutuhan dengan mudah dan cepat, lalu cukup penuhi kewajiban mencicil setiap periode yang disesuaikan dengan kemampuan kita. 

Kembali ke list