Fungsi Paylater untuk Keamanan Cashflow Bulanan Dompet Kamu

5 months ago

Menjadi salah satu opsi pembayaran di situs belanja online, paylater merupakan pembayaran kredit untuk membeli berbagai produk di toko online, tanpa harus membayarnya sekaligus. Ini menjadi fitur yang ditanamkan di aplikasi belanja online. Fitur ini juga dapat kita temukan di beberapa aplikasi dompet digital, dan fintech lending. Salah satu fungsi paylater adalah untuk kemudahan berbelanja di awal dan membayarnya belakangan.

Keunggulan paylater terdapat pada kemudahan berbelanja dan cara daftarnya yang mudah, tak perlu jaminan serta tanpa pengajuan yang repot seperti kartu kredit. Cukup gunakan KTP dan isi data diri dengan tepat, kamu sudah bisa melakukan transaksi dengan mudah seperti di NantiAja. Tertarik mengguakan paylater? Berikut ini fungsi lain dari paylater untuk keamanan cashflow bulanan dompet kamu.

Bantu Cashflow Lebih Stabil

Jika digunakan dengan tepat dan bijak, paylater bisa membantu kamu mengatur budgeting, loh. Kamu bisa membuat perencanaan keuangan dalam jangka panjang dan tetap bisa menabung dengan memanfaatkan fungsi paylater NantiAja itu sendiri. Dengan begitu, cashflow kamu bisa lebih stabil karena pembelian produk direncanakan terlebih dahulu. Kamu bisa membeli beberapa barang kebutuhan sekaligus, selama cicilan per minggu atau perbulan yang rendah dan masih masuk ke dalam budget kamu. Gak perlu lagi deh kehilangan momen diskon sekali seumur hidup karena overbudget.

Transaksi Lebih Mudah dan Praktis

Sistem cicilan yang ditawarkan paylater sebenarnya bukanlah hal baru, karena bisa dilakukan dengan kartu kredit. Tapi tidak semua orang bisa mengajukan kartu kredit dengan mudah. Sedangkan cara daftar paylater jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan kartu kredit. Begitu diverifikasi, kamu sudah bisa melakukan berbagai transaksi dengan mudah dan praktis tanpa perlu kartu kredit.

Tak hanya membeli produk saja, tiap bulannya kamu juga bisa membayar tagihan listrik, beli pulsa, paket data, dan masih banyak lagi. Sangat mudah dan prosesnya pun cepat, belanja dan bayar berbagai macam hal jadi lebih praktis dengan NantiAja.

Rencana Keuangan Jadi Lebih Baik

Fungsi paylater selanjutnya adalah membantu kamu untuk lebih bertanggung jawab dalam perencanaan keuangan, baik keuangan personal ataupun rumah tangga. Menggunakan fitur paylater artinya kita punya tanggungan, karena belinya sekarang dan bayarnya bulan depan. Yang harus dibayarkan adalah cicilan pokok dan bunganya. Seperti di NantiAja, kamu dapat membagi pembayaran kamu jadi 4 kali dan Bebas bunga selamanya.

Sebelum mengajukan, biasanya di fitur tersebut sudah ada perhitungan lengkapnya, berapa yang harus kamu bayar setiap bulannya. Dengan begitu, kita bisa menghitung dulu berapa tenor paylater yang sebaiknya kamu pilih sebelum bertransaksi. Dan kamu bisa merasa lebih bebas untuk merencanakan keuangan dengan jauh lebih baik.

Disarankan untuk mengambil cicilan yang tak lebih dari 30% penghasilan per bulan. Contohnya kalau penghasilan bulanan Rp 5 juta, maka maksimal cicilan per bulan adalah Rp 1.5 juta. Kalau kamu sudah punya cicilan lain, tinggal dihitung saja agar cicilan paylater tidak lebih dari Rp 1.5 juta. Dengan lebih terencana, tentu dapat membuat beban cicilan kamu menjadi  tidak terlalu berat.

rencana keuangan

Menolong di Saat Darurat

Paylater bisa sangat membantu di saat mendesak. Misalnya, saat terkena masalah keuangan tertentu. Seperti di-PHK atau harus membayar biaya rumah sakit dalam jumlah besar, sedangkan ada kewajiban lain yang harus dibayar lebuh dulu, seperti tagihan listrik dan biaya makan sehari-hari serta membeli sembako.

Dengan paylater, Pengeluaran kamu dapat tetap terjaga tanpa mengganggu kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan sehari-hari bisa tetap terpenuhi di berbagai kondisi darurat yang harus dihadapi tanpa terduga. Serta memberi waktu lebih untuk kamu membayar biaya yang tidak terduga tersebut. Keren, kan?

Meningkatkan Semangat Kerja

Tiap orang pasti pernah merasa lelah atau jenuh bekerja. Ini membuat kita malas-malasan dan menunda proyek yang seharusnya mendatangkan pundi-pundi penghasilan. Ada juga yang ingin resign dari pekerjaan meski belum punya pekerjaan baru. Padahal masih ada tanggungan bayar paylater.

Nah, karena ada tanggungan inilah, kita bisa merasa lebih bersemangat dalam bekerja. Kewajiban ini harus dibayar tepat waktu karena tiap bulan, ada tanggal jatuh temponya. Kalau sampai telat membayar sehari saja, sudah terkena denda yang lumayan besar. Kalau dibiarkan terus maka jumlahnya akan semakin menggunung dan tentu makin memberatkan kalau tidak dibayar karena tidak punya pekerjaan, kan?

Karena itu, memiliki tagihan paylater bisa menjadi motivasi kerja yang realistis untuk meningkatkan semangat kerja. Kita bisa menjadikannya sebagai cara untuk lebih kreatif dan berinovasi dalam bisnis dan berkarya. Bisa juga mencari penghasilan tambahan untuk melunasi cicilan paylater tersebut.

Mewujudkan Cita-cita

Dengan fitur paylater, kamu tidak perlu lagi mengubur cita-citamu. Sekarang kamu bisa mewujudkan cita-cita tersebut! Dengan menggunakan paylater, kamu bisa mengivestasikan kemampuan atau keinginan kamu sedikit demi sedikit. Contohnya: bila kamu memiliki cita-cita sebagai photografer profesional, kamu bisa membeli perlengkapan atau kursus tersebut sedikit demi sedikit, tanpa perlu khawatir kebutuhan sehari-hari akan terganggu. Karena kamu bisa membagi bayar dulu 25% dari total harga barang yang kamu beli, lalu selesain sisanya dalam periode pembayaran per dua minggu atau per bulan.

Dengan limit paylater tersebut, bisa digunakan untuk modal berbisnis. Apa jenis bisnisnya tentu tergantung dari minat dan cita-cita yang ingin digeluti tiap orang. Jika berusaha dengan baik, usaha tersebut akan menghasilkan keuntungan. Dari keuntungan tersebut kamu bisa membayar cicilan paylater. Selebihnya dapat digunakan untuk mengembangkan usahamu.

Selain itu, paylater dapat digunakan untuk membeli berbagai perangkat untuk menambah penghasilan. Misalnya beli kamera dan kebutuhan lain bagi konten kreator. Atau beli laptop untuk pekerjaan desain hingga menulis. Atau beli peralatan masak lengkap untuk usaha catering, dan masih banyak lagi.

Lebih Hemat

Secara tidak langsung, fungsi lain paylater yaitu membuat kamu lebih berhemat, loh. Karena kamu lebih sadar bahwa kamu punya kewajiban membayar cicilan setiap bulannya. Maka kamu harus menyisakan sejumlah uang untuk membayar cicilan tersebut. Dengan begitu, kamu mau atau tidak mau, akan berusaha untuk lebih hemat dan tidak menghabiskan penghasilan untuk hal lain yang kurang penting.

Kebiasaan berhemat ini kalau dibiasakan tentu baik untuk mengatur keuangan personal ke depannya. Kamu jadi lebih terbiasa untuk berhati-hati dalam menggunakan uang. Memiliki kewajiban membayar cicilan juga membuat kamu jadi lebih bertanggung jawab dan berhemat agar selalu bisa membayar tepat waktu.

Penuhi Kebutuhan Pokok

Kebutuhan pokok seperti membeli bahan makanan dan minuman (sembako) dan bayar tagihan listrik harus selalu dipenuhi untuk bertahan hidup. Sebenarnya, kebutuhan pokok sebisa mungkin bisa dipenuhi tanpa perlu mencicil. Tapi terkadang kita harus menghadapi keadaan darurat yang sifatnya mendesak. Seperti kesulitan finansial mendadak atau mengutamakan biaya lain, seperti biaya kecelakaan dan lain sebagainya. Di sinilah paylater bisa sangat membantu kamu.

Meski sedang berada dalam kondisi keuangan yang sulit sekalipun, dengan adanya paylater, kamu bisa memanfaatkannya dengan baik untuk memenuhi kebutuhan pokok. Tentu akan sangat bijak kalau di saat darurat seperti ini, kamu tidak menggunakan keunggulan paylater untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang sifatnya tidak terlalu penting. Pilih kebutuhan yang lebih penting saja untuk diutamakan dibayar dengan paylater.

paylater penuhi kebutuhan
Paylater bisa loh memenuhi kebutuhan pokok kamu

Gunakan Paylater dengan Bijak

Memang paylater sangat mudah diajukan dan digunakan. Tapi ini bukan berarti memenuhi kewajiban bayar cicilannya juga sama mudahnya. Karena itu, kamu harus benar-benar paham segala hal yang berkaitan dengan paylater. Mulai dari resiko, tanggung jawab dan kewajiban yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah bunga yang harus dibayar tiap bulan, diluar cicilan pokok, biasanya sebesar 2-4% saja.

Selain itu, cari tahu berapa biaya admin yang dikenakan oleh pihak penyedia paylater, serta tanggal jatuh tempo dan bunga yang dikenakan bila terlambat bayar. Seperti di NantiAja, kamu bebas bunga untuk setiap transaksi dan berlaku selamanya dan bebas biaya admin.

Tapi kalau digunakan dengan bijak, kamu bisa bayar tepat waktu tanpa bayar denda yang besar. Karena itu, penting untuk selalu berhitung dengan bijak danGunakan paylater sesuai kebutuhan dan kemampuan bayar yang kamu miliki ya.

Kembali ke list