Tips Keamanan Cyber Demi Kenyamanan Berbelanja Pakai Paylater

4 months ago

Keamanan cyber adalah proses yang dibutuhkan untuk melindungi perangkat seluler, komputer, laptop dan jaringan dari serangan cyber yang berbahaya. Serangan cyber biasanya mampu dilakukan oleh hacker atau scammer. Info dan data pribadi kita mungkin saja dicuri saat kita sedang berselancar di dunia maya.

Setelah tahu apa yang dimaksud dengan keamanan cyber, penting bagi kita untuk selalu menjaganya tiap kali menggunakan jaringan internet. Bagaimana caranya agar terhindar dari kejahatan cyber serta tetap aman saat berbelanja online dan menggunakan layanan paylater? Yuk tipsnya disini!

Amankan Kode OTP Kamu

Saat mendaftar pertama kali di aplikasi tertentu, sering kali kita dikirimkan kode OTP via SMS. Kode ini harus dimasukkan ke kolom yang tersedia, agar kita bisa mengakses aplikasi tersebut. Kode OTP harus dirahasiakan dari siapa saja. Setelah tahu apa itu cyber security dan pentingnya kode OTP, pastikan tidak memberikan kode OTP pada siapa pun, terutama untuk aplikasi belanja online dan yang berhubungan dengan finansial.

Berbelanja di Situs Terjamin Aman

Keamanan cyber adalahhal penting saat beraktivitas di dunia maya, termasuk saat sedang belanja. Supaya keamanan makin terjamin, sangat disarankan memilih situs belanja yang sudah jelas terjamin kualitasnya. Situs semacam ini jauh lebih berlapis keamanannya, jadi penggunanya pun bisa berbelanja dengan lebih nyaman.

Tiap kali menggunakan aplikasi atau situs belanja online yang belum pernah digunakan sebelumnya, cek dulu ulasan pengguna sebelumnya. Apakah platform tersebut aman dan terpercaya atau tidak? Kalau keamanannya sulit dikonfirmasi, sebaiknya dihindari saja.

Selalu Update Software

Aplikasi di perangkat mobile biasanya membutuhkan pembaruan secara berkala, termasuk aplikasi belanja online dan aplikasi finansial. Kadang karena satu dan lain hal, kita sering mengesampingkan notifikasi pembaruan, lalu lupa melakukannya. Padahal, proses ini penting untuk layanan keamanannya.

Jadi setiap kali ada notifikasi pembaruan, sebaiknya segera dilakukan. Atau sebelum melakukan transaksi jual beli, pastikan dulu aplikasi yang kamu gunakan sudah yang paling update. Data di aplikasi belanja online dan aplikasi finansial sangat rentan dicuri apabila sistem keamanannya lemah.

Abaikan Email Penipuan

Email berisi info penipuan sebenarnya bukan hal baru. Semenarik apa pun info yang ditawarkan, kalau sudah terasa tidak masuk akal, sebaiknya diabaikan saja. Kamu juga bisa langsung menghapusnya. Jangan sampai klik link yang ada di dalamnya atau membalas. Kalau kita merespons, mungkin saja info pribadi kita bisa diambil oleh scammer. Sejak awal, abaikan saja email penipuan yang muncul di kotak pesan.

Jangan Klik Sembarang Link

Sebisa mungkin hindari membuka tautan atau link yang asalnya kurang jelas. Bisa saja saat diklik, link tersebut membuat perangkatmu jadi terinfeksi virus dan malware. Meski kita sudah berhati-hati, kadang ada saja godaan link yang dikirim lewat grup chat atau saat menggunakan aplikasi belanja online, dan lain-lain.

Kalau sumbernya tidak jelas, lebih baik tidak perlu buka link sembarangan. Ini adalah cara melindungi keamanan di dunia maya yang paling sederhana. Tak perlu tergoda dengan iming-iming dapat hadiah besar begitu buka link.

Selalu Sembunyikan Password atau Pin Kamu

Password atau kata sandi serta pin sifatnya sangat rahasia, juga memang dirancang untuk melindungi aktivitas kita di dunia maya. Entah itu password atau pin untuk menghidupkan perangkat, atau password untuk membuka aplikasi tertentu, semua password dan pin sebaiknya dijaga kerahasiaannya dari siapa pun. Kalau sampai tersebar, bisa disalahgunakan oleh orang lain.

Biasanya aplikasi paylater juga mengharuskan penggunanya untuk menggunakan password atau pin agar jauh lebih aman. Aplikasi paylater dan perbankan sangat penting dijaga kerahasiaannya. Saat berada di tempat umum, pastikan posisimu aman Ketika hendak membuka aplikasi semacam ini.

Jangan Memberikan Informasi Pribadi Sembarangan

Sama seperti password dan pin, informasi pribadi juga tidak bisa diberikan ke sembarang orang. Jaga info pribadi dan hanya berikan pada pihak yang terpercaya dan bertanggung jawab saja. Saat ini, proses pendaftaran berbagai aplikasi belanja dan aplikasi finansial, termasuk paylater, biasanya harus menggunakan KTP yang dilengkapi selfie dengan benda kecil tersebut. Jadi, hindari meminjamkan KTP pada orang lain.

Bahkan nomor KTP dan Kartu Keluarga pun tidak boleh diberikan begitu saja ke sembarang orang. Alamat rumah dan nomor telepon pun kini harus dijaga betul kerahasiaannya . Maka, lindungilah info pribadimu agar keamanan di dunia maya jadi semakin terjaga.

Hindari Penggunaan Wifi Publik

Internet gratis memang selalu menggoda. Kita bisa mengunduh berbagai konten dan streaming menggunakan data besar tanpa perlu bayar, alias gratis! Tapi tentu saja menggunakan Wifi publik itu ada resikonya. Salah satunya adalah apapun yang kit acari di internet, situs manapun yang kita kunjungi, sampai pesan yang kita kirim lewat chat bisa dilihat karena tak ada perlindungan. Wifi publik sering kali tidak terenkripsi, jadi beda dengan Wifi rumahan.

Selain pengintaian di dunia maya, bahaya lainnya adalah mudahnya terjadi malware karena ada banyak bug yang mungkin disebarkan lewat Wifi publik. Memang kita bisa menghindarinya dengan menggunakan aplikasi antivirus dan anti malware. Beberapa perangkat bahkan sudah punya fitur pelindung bawaan.

Bahaya lainnya dari menggunakan Wifi publik adalah kemungkinan adanya jaringan palsu. Scammer kini bahkan punya kemampuan untuk memunculkan jaringan palsu. Kalau kita klik jaringan Wifi publik, scammer tersebut bisa mengintai dan mengambil informasi pribadi kita, sampai ke pin dan password yang tidak seharusnya diketahui orang lain. Jadi sebisa mungkin, hindari menggunakan Wifi publik.

Selalu Cek Tagihan Berkala

Kalau sudah memutuskan pakai layanan paylater, kewajiban konsumen adalah melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo. Karena kalau sudah jatuh tempo, bisa merugikan karena pada umumnya kita akan dikenakan denda yang cukup besar.

Untuk menghindari denda, pastikan cek tagihan paylater secara berkala. Dengan begitu, kamu tahu betul tanggal jatuh tempo. Tiap layanan paylater punya tenggat waktu yang berbeda-beda. Ada yang di akhir bulan, ada yang di awal bulan. Kalau perlu, kamu bisa gunakan alarm untuk mengingatkan waktu pembayaran. Jadi tak bakal terlewat!

Keamanan Berbelanja dengan NantiAja

Kalau mau belanja online pakai paylater yang aman, kamu bisa pilih NantiAja paylater. NantiAja adala aplikasi paylater dari PT Setelah Bayar Nusantara. Aplikasi ini sudah terdaftar secara resmi dan tercantum pada di Kep. Menteri Keuangan Nomor: KEP-85/KM.10/2009. Jadi sudah pasti aman banget digunakan.

Setelah paham pengertian cyber security, kamu akan lebih bijak dalam memilih pembayaran paylater. Menggunakan NantiAja paylater sudah pasti aman mudah. Jaga keamanan cyber dan data pribadi kamu dengan NantiAja. Cukup bayar 25% dari total harga di awal. Lalu sisanya bisa dicicil 4 kali dengan periode 2 mingguan (42 hari) tanpa biaya admin. Atau pilih periode pembayaran per bulan (90 hari) dengan biaya admin Rp 20.00 di pembayaran pertama. 

Kembali ke list