5 Brand Clothing Lokal Terbaik yang Go Internasional

1 month ago

Kita harus makin bangga dengan anak bangsa yang semakin percaya diri mengembangkan potensi dirinya saat ini. Brand clothing lokal terbaik go internacional berbekal latar belakang pendidikan yang lebih baik atau kemampuan berkreasi yang lebih diasah, kini makin banyak produk lokal berkualitas yang bermunculan. Produk lokal kini sudah meliputi kuliner, teknologi, fashion, dan masih banyak lagi.

Dengan membeli produk lokal, kita sebagai konsumen sebenarnya ikut membantu perekonomian di dalam negeri. Produk lokal juga sudah banyak yang tak kalah kualitasnya dengan produk internasional. Terbukti dengan banyaknya brand clothing lokal go internasional yang bisa kita temukan sekarang ini. Mau tahu apa saja? Intip 5 di antaranya di bawah ini.

Wellborn Company

Perusahaan asal Bandung, Jawa Barat, ini unik banget. Pendirinya sangat tertarik dengan dunia pengetahuan dan mitologi. Meski banyak perdebatan dari kedua sisi ini, tapi pendiri Wellborn Company justru bisa melihat sinergi antara keduanya. Ilmu pengetahuan dan mitologi, dokumenter dan karya fiksi, fakta dan hoax, tidak perlu memihak salah satunya, tapi ambil sisi baiknya. “Everybody is Wellborn” jadi moto perusahaan ini.

Dengan filosofi keren ini, Wellborn Company menjadi salah satu produk lokal yang terkenal. Sukses menghadirkan berbagai produk fashion yang dekat dengan kaum muda. Tapi sebenarnya bisa dipakai siapa saja, karena modelnya cukup netral. Produk yang ditawarkan mulai dari T-shirt, celana, jaket, hoodie, dan sweatshirt. Ada juga aksesori keren seperti tas, topi, sandal, dompet, hingga helm.

Tiap produknya diproduksi dengan teliti, jadi hasil akhirnya sudah pasti rapi dan berkualitas. Tak salah kalau layak bersaing dengan kualitas fashion import. Meski begitu, harga yang ditawarkan terjangkau banget, mulai dari Rp 45 ribuan – Rp 200 ribuan saja.

TNGR DEADLY

Satu lagi brand lokal go internasional yang harus dibanggakan adalah tngrdeadly. Merek ini berawal dari Yogyakarta dan di awal berdirinya hanya merupakan satu wadah pendukung gaya hidup di yogyakarta. Tngr Deadly punya sotre di mana pengunjungnya bisa lihat lihat produk yang ada.

Meski lebih dikenal dengan T-shirt, tapi sebenarnya Tngr Deadly juga hadir dengan produk trendi lainnya. Ada kemeja, kaos polo, sweatshirt, sampai jaket. Untuk celana dan topi juga ada dan banyak bangat pilihannya.

Eiger

Siapa yang tak kenal dengan produk lokal Indonesia yang sudah terkenal satu ini? Banyak yang mengira Eiger adalah merek impor asal Jerman karena nama dan pelafalannya yang Jerman banget. Tapi sebenarnya ini adalah merek asli Indonesia. Nama Eiger memang diambil dari gunung di Alpen Bernese yang tingginya 3.970 meter. Tapi merek ini asli dari kota Bandung.

Pendiri Eiger adalah Ronny Lukito yang mendirikan usaha rumahan di tahun 1993. Dengan nama resmi perusahaan PT Eigerindo Multi Produk Industri, merek ini menyediakan berbagai keperluan untuk aktivitas luar ruangan seperti berkemah, panjat tebing, sampai mendaki gunung. Toko Eiger yang pertama dibuka tahun 1994 di Jalan Cihampelas, Bandung.

Karena animo masyarakat Indonesia akan olahraga dan aktivitas luar ruangan yang cukup besar, merek Eiger pun jadi incaran banyak orang. Dibandingkan dengan merek impor untuk produk yang serupa, jelas harga yang ditawarkan Eiger jauh lebih terjangkau. Tapi soal kualitas boleh diadu. Eiger selalu hadir dengan kualitas yang tak kalah dengan produk impor. Inovasinya juga selalu berkembang sesuai dengan tren dan minat pasar. Tak heran kalau Eiger pun jadi salah satu yang terdepan di kelasnya.

Produk Eiger lengkap banget ada yang untuk pria, wanita dan anak-anak. Produknya yang paling terkenal adalah sandal khusus untuk mendaki gunung dan aktivitas outdoor lain dan juga tas ranselnya yang dikenal kuat. Eiger juga menyediakan perlengkapan untuk berkendara motor. Menyesuaikan dengan budaya lokal, Eiger juga menyediakan sajadah khusus untuk aktivitas outdoor, untuk penduduk Indonesia yang kebanyakan muslim.

HEUVEL TRIBE

Brand baju lokal terkenal berikutnya adalah Heuvel Tribe adalah sala satu brand lokal yang ada di Indonesia tetapnya di Yogyakarta dan dengan filosofi keren ini, Heuvel Tribe menjadi salah satu produk lokal yang terkenal. Sukses menghadirkan berbagai produk fashion yang dekat dengan kaum muda. Tapi sebenarnya bisa dipakai siapa saja, karena modelnya cukup netral. Produk yang ditawarkan mulai dari T-shirt, celana, jaket, hoodie, dan sweatshirt.

Evil Official

Brand baju lokal terkenal berikutnya adalah Evil Official, atau lebih sering disebut Evil saja. Merek ini sebenarnya lebih populer sebagai brand kaos terkenal Indonesia. Kalau kamu penggemar streetwear lokal, biasanya sih sudah pernah dengar merek ini karena sudah berdiri sejak tahun 2003 dan sering banget wara-wiri di berbagai acara lokal hingga internasional.

Pemiliknya sendiri dikenal dengan nama Ipam Evil. Ketika ditanya kenapa brand milikinya dinamakan Evil, Ipam menjawab Evil bisa diartikan sebagai mirror image of life. Kata ‘evil’ kalau di balik adalah ‘live’. Dalam hidupnya, tiap manusia selalu punya sisi baik dan buruk. Nah, hal inilah yang digambarkan Ipam lewat berbagai produknya di Evil Official.

Meski lebih dikenal dengan T-shirt, tapi sebenarnya Evil juga hadir dengan produk trendi lainnya. Ada kemeja, kaos polo, sweatshirt, sampai jaket. Untuk celana pilihannya ada celana denim, chino, cargo, celana pendek, sampai boxer. Untuk aksesoris ada tas ransel, tas pinggang, pouch, tas selempang, duffle bag, sampai tote bag. Selain itu ada juga sandal dan sepatu, lengkap banget!

Evil Official adalah salah satu dari tak banyak brand lokal yang bisa bertahan hampir 20 tahun! Selain kreativitas yang terus diasah, cara lainnya adalah dengan melakukan berbagai kolaborasi. Di antaranya Evil pernah bekerja sama dengan Starwars, KFC, Heineken, Distorsi Keras, dan masih banyak lagi. Harga produknya mulai dari stiker yang paling murah seharga Rp 25 ribuan sampai jaket yang harganya Rp 405 ribuan. 

Kembali ke list