5 Produk Paling Laris di Dunia E-commerce, Cocok Buat Bisnis!

2 weeks ago

Bisnis e-commerce semakin berkembang di Indonesia. Jenis transaksinya pun berbeda-beda, sehingga konsumen bisa pilih membayar tunai via mobile banking, dompet elektronik, mencicil dengan kartu kredit, layanan cicilan e-commerce, hingga Cash on Delivery (COD). Tapi apa saja sih produk e-commerce yang paling laris manis? Yuk cek daftarnya di bawah ini, siapa tahu bisa jadi ide bisnismu!

1. Perlengkapan Rumah Tangga

Berbisnis produk perlengkapan rumah tangga akan selalu laris karena selalu dibutuhkan kapan saja. Biasanya pelaku bisnis ini menyasar target pembeli wanita dan para pasangan muda yang sedang gencar melengkapi berbagai kebutuhan rumah tangga. Bahkan perlengkapan ini pun ada trennya. Biasanya warga kota besar akan mengikuti tren yang sedang berjalan, jadi peluang bisnisnya selalu besar.

Perlengkapan rumah tangga jenisnya sangat luas. Mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti gunting, palu, dan perkakas lainnya. Bisa juga perlengkapan dapur seperti alat masak, yang selalu jadi serbuan ibu-ibu saat ada tren terbaru. Selain itu bisa juga perlengkapan seperti kompartemen penyimpanan untuk pakaian, dan masih banyak lagi pernak-pernik lainnya.

Kelebihan berbisnis perlengkapan rumah tangga adalah variannya yang sangat luas. Jadi kita bisa menjual banyak produk. Untuk toko yang skalanya besar, menjual produk yang variatif bisa sangat menguntungkan. Tapi untuk bisnis yang skalanya masih kecil, terkadang cara ini kurang menguntungkan karena terkesan tidak fokus.

Disarankan untuk memulai bisnis ini, lebih baik fokus dulu produk apa yang akan dijual. Tentukan dulu siapa target pasarnya dan berapa level harganya. Kalau lebih fokus, promosinya juga jadi lebih terarah. Saat bisnis semakin besar, baru bisa pelan-pelan mengembangkan ke produk lainnya.

2. Produk Kesehatan

Banyak warga Indonesia yang semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Karena itu, produk e-commerce Indonesia yang satu ini bisa sangat menguntungkan. Dalam survei pencarian di platform e-commerce, terbukti produk kesehatan termasuk yang paling banyak dicari. Produk yang ditawarkan pun cukup beragam.

Di Indonesia, ada masyarakat yang suka dengan ramuan tradisional dan ada juga yang lebih memilih obat-obatan modern, jadi produknya lebih variatif. Ditambah,ada golongan modern yang lebih memilih produk dari bahan herbal alami agar lebih sehat. Sebagai pelaku bisnis, tinggal menentukan mau menekuni produk mana yang disediakan dan siapa target pasarnya.

Kelebihan berbisnis produk kesehatan adalah peluangnya yang besar, karena kesehatan selalu jadi kebutuhan utama. Kekurangannya adalah ada saja pihak-pihak tak bertanggung jawab yang berusaha memalsukan produk kesehatan.

Karena itu, jika ingin memulai bisnis produk kesehatan, pastikan untuk memilih pemasok ternama dan bertanggung jawab. Jangan lupa pastikan produk sudah memiliki sertifikasi layak dari Departemen Kesehatan dan BPOM. Hindari produk yang kualitasnya tidak jelas dan belum memiliki izin, meskipun sudah dijanjikan keuntungan besar.

3. Produk Kecantikan

Kalau dulu produk kecantikan hanya menjadi salah satu produk terlaris di e-commerce di kalangan pembeli wanita, sekarang sudah banyak kaum pria yang juga mengincar produk kecantikan. Makin banyak yang menyadari pentingnya menjaga penampilan, membuat bisnis produk kecantikan makin besar peluangnya. Terbukti selama beberapa tahun belakangan ini produk kecantikan makin melejit.

Tak hanya produk kecantikan impor saja, seperti dari Korea yang paling diincar, tapi produk kecantikan lokal pun sekarang makin ramai peminatnya. Produk lokal pada umumnya menawarkan harga yang sedikit lebih rendah, tapi soal kualitas sudah mampu bersaing. Apalagi produk kecantikan lokal dibuat supaya lebih cocok dan sepadan dengan kebutuhan orang Indonesia.

Produk kecantikan jenisnya sangat beragam. Mulai dari produk perawatan tubuh seperti sabun mandi, body lotion, krim, sampo. vitamin kulit dan lain sebagainya. Atau produk make up lengkap dengan produk perawatan kulit wajah. Bisnis produk kecantikan makin berkembang, terbukti dengan makin banyaknya brand lokal yang bermunculan.

Sama dengan produk kesehatan, pastikan memilih produk kecantikan yang sudah memiliki izin edar dan keamanan produk yang sah dari pemerintah. Pihak-pihak yang tak bertanggung jawab selalu ada.Jika ingin berbisnis di bidang ini, harus pintar dan berhati-hati dalam memilih. Hindari komplain dari konsumen dengan hanya menyediakan produk berkualitas.

4. Gadget

Tak bisa dipungkiri, konsumen gadget di Indonesia sangatlah banyak. Bahkan, gadget adalah produk e-commerce yang berada di peringkat teratas dalam pencarian platform e-commerce. Semakin tergantung dengan teknologi, kita memang membutuhkan bantuan berbagai gadget dalam aktivitas harian. Entah itu untuk bekerja, hiburan, atau sekedar menjalani rutinitas sehari-hari.

Selain karena alasan kebutuhan, banyak juga penggemar gadget yang selalu semangat mengikuti tren gadget terbaru. Tiap kali ada gadget keluaran baru, merekalahyang paling pertama berusaha mendapatkan gadget tersebut. Apalagi sekarang tren gadget sangat mudah berganti, membuat penggemarnya tak henti-henti selalu memperbaharuinya. Terlepas dari butuh atau tidak.

Kelebihan dari berbisnis gadget adalah peluang mendapat keuntungannya sangat besar. Gadget adalah hal besar saat ini dan diperkirakan masih akan terus berkembang dalam jangka waktu lama. Varian gadget pun sangat beragam, dengan target pasar yang berbeda-beda. Disarankan untuk fokus memilih jenis gadget tertentu dengan pasar yang jelas. Entry level, medium atau high end.

Banyaknya merek gadget baru yang bermunculan bisa membawa dampak positif maupun negatif. Berhati-hatilah memilih merek baru agar tidak bermasalah ke depannya. Sebaiknya pilih gadget yang sudah punya izin edar resmi di Indonesia agar tetap aman. Ini dapat meredam review negatif dari konsumen dan berpeluang memperbesar skala bisnis.

5. Fashion

Tren fashion selalu berubah dan dinamis. Inilah yang menjadikan produk fashion jadi salah satu yang paling laris di e-commerce. Produk fashion selalu dibutuhkan setiap saat karena merupakan kebutuhan dasar setiap orang. Pilihannya juga beragam, mulai dari pakaian bayi, anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Varian yang beragam membuka peluang yang sangat besar. Kita bisa pilih untuk fokus di satu produk saja, misalnya sepatu atau alas kaki. Atau bisa juga fokus menjual pakaian bayi. Masih banyak lagi pilihan lainnya, yang pasti produk yang fokusnya lebih jelas akan lebih mudah diingat dan dikenali konsumen, dibandingkan satu toko yang menjual terlalu banyak jenis pakaian.

Kekurangan berbisnis di produk fashion adalah tingkat persaingannya yang sangat ketat. Banyak peminat, pasti banyak juga pelaku bisnisnya. Jadi harus menggunakan strategi bisnis ekstra kalau ingin menekuni bidang ini. Pastikan menyediakan produk yang kualitasnya tinggi, dari segi pemilihan bahan dan proses pembuatan, hingga desainnya, agar lebih menarik.

Dari kelima produk e-commerce terlaris di atas, produk mana yang paling cocok untuk dijadikan bisnismu? Pastikan pelajari produk yang akan dipilih supaya benar-benar paham saat memasarkan produknya nanti. Simak kelebihan dan kekurangannya sebagai pertimbangan untuk memilih yang paling menguntungkan.

Kembali ke list