5 Rekomendasi Merek Batik Pria Ini Bisa Buat Kamu Terlihat Tampan!

1 month ago

Baju batik pria terbilang sering digunakan. Selain bisa digunakan untuk acara resmi ke kantor atau berbagai acara formal lainnya, banyak juga pria yang mulai mengenakan baju batik untuk kesempatan semi formal, maupun kasual. Saat ini, sudah semakin mudah menemukan rekomendasi merek batik pria yang berkualitas. Tak perlu penasaran, ini dia 5 merek batik pria yang bikin penampilan jadi makin keren!

Danar Hadi

Ini adalah salah satu merek batik pria terbaik yang sudah begitu dikenal oleh seantero tanah air. Meski sekarang kita melihat merek Danar Hadi sebagai brand besar yang hadir di pusat perbelanjaan mewah, namun awalnya merek ini adalah usaha berskala kecil. Pendirinya adalah H. Santosa Doellah, pengusaha batik asal Solo yang merintis Danar hadi sejak tahun 1967.

Nama Danar Hadi sendiri terinspirasi dari nama wanita yang dicintai dan akhirnya dinikahinya. Ia adalah Danarsih Hadipriyono. Danar diambil dari dua suku kata nama sang istri dan Hadi adalah nama belakang yang sekaligus merupakan nama sang ayah mertua. Batik Danar Hadi diawali dengan batik tulis motif Wonogiren yang sangat sukses di pasaran.

Dari hanya mempekerjakan 20 karyawan yang terdiri dari pembatik, pencelup dan penggambar motif, akhirnya Danar Hadi menjadi bisnis yang berkembang besar dan modern. Selain batik tulis, merek ini juga menyediakan batik cap. Selain itu, Danar Hadi juga mengikuti perkembangan mode, jadi konsumen bisa mendapatkan produk fashion kekinian.

Kelebihan batik pria Danar Hadi adalah kualitasnya. Baik batik tulis maupun batik cap, sama-sama sudah kualitas ekspor yang tahan lama. Motif dan warnanya pun sangat beragam. Tersedia kemeja batik lengan pendek yang agak santai dan kemeja lengan panjang untuk acara formal.

Batik Keris

Merek batik pria premiumberikutnya adalah batik Keris. Merek ini didirikan oleh Kasoem Tjokrosaputra atau Kwee Som Tjiok pada tahun 1946. Batik Keris adalah brand yang berasal dari Kelurahan Cemani, Kecamatan Gorogol, Sukoharjo, Jawa Tengah. Sebenarnya, bisnis batik sudah dijalankan oleh Kwee Tiong Djing (ayah Kasoem Tjokrosaputra) sejak tahun 1920. Tapi nama Batik Keris baru didirikan oleh anaknya.

Produk yang dihasilkan batik keris sebagian besar adalah produk tekstil untuk fashion pria dan wanita dewasa, juga untuk anak-anak. Selain itu, tersedia juga bahan batik dan kerajinan tangan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Selain itu, bisa juga digunakan sendiri sebagai aksesoris rumah tangga. Produk Batik Keris sebagian besar dipasarkan di dalam negeri, selebihnya untuk kebutuhan ekspor.

Kelebihan Batik Keris terletak di penggunaan bahan dasar yang berkualitas. Di antaranya ada Primissima, Prima, Georgette, Nylon, Mori Biru, Tayon, Flanel, Sifon, Sutera, dan berbagai hasil tenun lainnya. Bahan berkualitas membuatnya tahan lama. Khusus untuk baju batik pria, tersedia kemeja lengan pendek dan lengan panjang dari berbagai bahan.  

Batik Semar

Batik Solo jadi salah satu warisan budaya nusantara yang membanggakan. Salah satunya ada batik Semar yang sudah menjadi merek batik pria terkenaldi tanah air. Merek batik ini didirikan pertama kali tahun 1947 oleh keluarga Kasigit. Tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan usaha batik sekaligus mempertahankan seni warisan budaya dari nenek moyang.

Awalnya, Batik Semar menggunakan merek Batik Bodronoyo. Ini adalah nama lain dari Semar, tapi masih terasa asing di telinga kebanyakan warga Indonesia. Selain itu, namanya juga lebih sulit diucapkan. Karena itu, akhirnya nama Batik Bodronoyo diganti menjadi Batik Semar di tahun 1966 agar lebih mudah diucapkan. Terbukti, dengan nama barunya, Batik Semar lebih dikenal masyarakat.

Pada awalnya, Batik Semar hanya memproduksi batik tulis yang ditujukan untuk konsumen kelas menengah ke atas. Kemudian pada tahun 1952, usahanya semakin berkembang dengan hadirnya batik cap dan batik kombinasi yang lebih terjangkau. Untuk baju pria, temukan juga model kemeja lengan pendek, maupun lengan panjang dalam berbagai motif.

Bateeq

Mau pakai baju batik pria yang kekinian dan fashionable? Coba deh produk dari Bateeq, yang layak masuk daftar rekomendasi batik pria selanjutnya. Merek Bateeq pertama kali diluncurkan tahun 2013, dengan produk yang meliputi fashion pria, wanita, anak-anak, hingga dekorasi rumah tangga. Bateeq sangat dikenal dengan motifnya yang inovatif dan model pakaiannya yang modern, serta bisa digunakan sehari-hari.

Bateeq berada di bawah manajemen Efrata Retailindo, yang menyediakan tim desain profesional. Kombinasi motif abstrak dan warna-warni yang unik menjadi ciri khas Bateeq. Unsur tradisi lokal dipadukan dengan unsur modern mengikuti perkembangan tren terkini, menyatu menjadi berbagai produk yang berkualitas dengan desain orisinal.

Proses produksinya berpusat di Jawa Tengah. Tiap tahunnya, Bateeq merilis hingga 24 koleksi. Bateeq hanya menggunakan bahan-bahan terbaik yang tahan lama seperti katun, tinsel, dan poliester. Tak perlu khawatir produknya cepat koyak dan luntur warnanya. Temukan kemeja batik lengan pendek dan lengan panjang khusus untuk pria.

Batik Trusmi

Bagi warga Jawa Barat, biasanya sudah tidak asing dengan daerah Trusmi yang ada di Cirebon. Banyak yang mengenalnya sebagai pusat wisata kuliner, tapi sebenarnya Trusmi juga sangat dikenal sebagai pusat kerajinan batiknya. Bahkan, salah satu sebutannya adalah Kampung Batik Trusmi. Lokasinya ada di Plered, sekitar 4 km di sebelah barat kora Cirebon.

Adanya Kampung Batik Trusmi tak lepas dari peranan salah satu pengikut setia Sunan Gunung Jati yang bernama Ki Gede Trusmi. Beliau berusaha menyebarkan agama Islam lewat seni membatik. Bahkan hingga kini makam Ki Gede Trusmi masih sangat terawat dan diadakan upacara khidmat setiap tahunnya untuk mengenang jasanya yang memajukan Desa Trusmi.

Salah satu motif Batik Trusmi yang sangat ikonis adalah Mega Mendung, yang kemudian sangat dikenal sebagai batik Cirebon. Tapi sebenarnya motif Batik Trusmi cukup beragam. Di antaranya yang masih dikerjakan sampai sekarang adalah motif Singa Barong, Gunung Giwur, Paksinaga Liman, Patran Kangkung, Singa Payung, Patran Keris, Simbar Menjangan, dan masih banyak lagi.

Motif Mega Mendung sempat jadi tren di kalangan masyarakat. Motifnya dianggap berbeda dan kekinian, membuat penampilan makin keren. Pilihan warnanya pun cukup variative. Untuk pria paling sering memilih paduan warna biru dan hitam, atau biru dan putih. Kain motif Mega Mendung cocok dijadikan kemeja lengan pendek maupun lengan panjang. Yang pasti, Batik Trusmi bisa jadi salah satu rekomendasi baju batik pria yang terbaik.

Selain lima rekomendasi merek batik pria di atas, masih banyak merek fashion lokal yang hadir dengan koleksi baju batik khusus pria. Merek mana yang paling kamu suka? Pastikan pilih motif yang paling disuka dengan model yang sesuai selera. Jangan lupa sesuaikan juga dengan acara yang akan dihadiri. Selain itu, pilih yang bahannya nyaman dipakai dan berkualitas, supaya bisa lebih tahan lama. 

Kembali ke list