5 Tips Memilih Outfit Batik Agar Kamu Tampil Menawan!

4 weeks ago

Outfit batik makin sering jadi pilihan untuk pakaian sehari-hari kita. Entah itu pria maupun wanita, dewasa, hingga anak-anak sekalipun. Model outfit batik wanitaataupun pria semakin banyak, bisa pilih yang bergaya tradisional hingga modern.

Bagaimana sih caranya memilih baju batik yang berkualitas, tahan lama dan bisa meningkatkan penampilan kita? Adanya pilihan yang semakin variatif bisa saja membuat kita bingung memilih mana yang terbaik. Supaya tak salah pilih, yuk ikuti tips memilih outfit batik menurut beberapa poin di bawah ini.

Bahan

Bahan yang digunakan untuk membatik adalah warisan nenek moyang yang kaya akan nilai budaya. Awal mulanya, batik hanya tersedia dalam bentuk tulis dengan proses pengerjaan yang sepenuhnya menggunakan tangan, jauh lebih rumit dan butuh waktu lebih lama. Karena prosesnya yang tidak mudah ini, maka harga batik tulis cenderung jauh lebih mahal.

Lalu ada batik cap yang menggunakan alat cap tradisional, dimana pola yang tercipta cenderung akan sama. Harga batik cap biasanya ada di level menengah. Terakhir ada batik printing yang lebih modern, dibuat dengan proses mencetak di atas sebuah bahan polos. Prosesnya dilakukan dengan mesin, jadi memungkinkan waktu pembuatan yang jauh lebih cepat. Harga batik printing adalah yang paling terjangkau dibanding yang lainnya .

Dari segi bahan pun pilihannya sangat beragam. Untuk acara formal, sebaiknya pilih bahan yang terkesan elegan seperti sutra. Kain sutra bertekstur lembut, jatuhnya akan terlihat sempurna, serta ada efek mengkilap yang membuatnya lebih mewah. Misalnya untuk outfit batik hijabbisa pilih gamis dari batik sutra, sedangkan untuk pria bisa pilih kemeja lengan panjang sutra.

Sementara untuk tampilan semi formal, bisa pilih batik tulis, cap, atau printing yang terbuat dari bahan katun. Atau pilih bahan yang memadukan antara sutra dan katun. Sedangkan untuk kesempatan santai, bisa pilih batik cap atau printing dari bahan katun. Sekarang ada juga yang menggunakan bahan kaos dan mencetak motif batik di atasnya. Outfit dari kaos ini paling cocok untuk acara kasual.

Ukuran

Untuk ukuran, sebenarnya kembali ke selera masing-masing. Ada yang suka pakai ukuran pas badan, ada juga yang lebih suka pakai ukuran lebih longgar. Yang pasti, hindari memilih outfit batik yang ukurannya terlalu kecil karena sudah jelas tidak nyaman dan tampilan pun jadi tak sedap dipandang mata. Kalaupun memilih ukuran yang longgar, pastikan tidak terlalu kebesaran.

Misalnya untuk outfit batik wanita hijabmodel abaya atau gamis. Bisa memilih ukuran yang setingkat lebih besar karena alasan kenyamanan. Tapi hindari memilih 2 – 3 ukuran di atas kita, karena jika terlalu besar jadi kurang bagus untuk penampilan.

Sama juga saat memilih kemeja batik pria. Ukuran yang kebesaran akan terlihat kurang bagus. Biasanya kemeja batik didesain untuk tidak dimasukkan ke dalam celana. Jadi penting untuk pria agar memilih kemeja batik yang panjangnya pas. Jangan terlalu panjang atau malah kependekan.

Untuk acara formal, ukuran sangat penting agar jatuhnya pas di badan dan lebih bagus saat diabadikan. Sedangkan untuk acara kasual, ukuran baju batik yang kelonggaran masih bisa diakali. Misalnya pakai kemeja batik santai yang tangannya kebesaran, masih bisa dilipat. Meski begitu, tetap tidak disarankan untuk memilih yang ukurannya terlalu besar.

Warna

Kain batik tersedia dalam berbagai warna yang variatif. Tersedia warna dasar yang gelap dan terang. Pemilihan warna batik sebenarnya tergantung dari selera masing-masing. Dari pemilihan warna ini, kita bisa lebih mudah memadukan dengan aksesoris lainnya seperti bawahan, sepatu, tas, dan warna hijab bagi wanita berhijab.

Meski tergantung selera tiap penggunanya, namun untuk acara formal biasanya cenderung dipilih warna dasar yang gelap. Warna yang paling sering dipilih adalah coklat. Selain itu, bisa pilih warna lain seperti biru tua dan hitam. Padukan dengan aksesoris lain yang warnanya senada supaya serasi dan tidak terlalu ramai. Warna batik yang gelap juga lebih sering dipilih untuk acara formal yang dilaksanakan pada malam hari.

Sedangkan untuk acara semi formal hingga kasual, warna batik pastel yang lembut atau warna ngejreng bisa jadi pilihan. Untuk warna pastel, kini pilihannya sangat banyak. Misalnya biru muda, hijau muda, coklat muda, pink, ungu, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk warna ngejreng bisa pilih merah, hijau tua, kuning, hingga biru yang lebih cerah. Warna pastel dan ngejreng juga sering dipilih untuk acara yang dilaksanakan pada pagi atau siang hari.

Motif

Motif batik juga sangat beragam. Untuk acara formal, semi formal dan kasual sebenarnya sama saja. Untuk yang memiliki tubuh besar, sebaiknya pilih motif geometris yang ukurannya sedang. Bisa juga pilih motif geometris yang memadukan ukuran besar dan kecil. Motif ini akan membuat ukuran tubuh kita terlihat lebih ramping dari biasanya.

Sebaliknya, outfit batik kondangan bagi yang bertubuh mungil, bisa pilih motif yang lebih variatif. Tapi motif yang paling bagus adalah bentuk geometris yang berukuran sedang. Motif ini akan membuat tubuh si mungil jadi terlihat lebih proporsional.

Untuk modelnya bisa pilih sesuai selera, tapi pastikan sesuai dengan acara yang akan dihadiri. Misalnya untuk acara formal outfit wanita bisa pilih gaun atau rok panjang, sedangkan pria bisa pilih kemeja berlengan panjang. Sedangkan untuk acara kasual outfit wanita bisa pilih blus atau tunik yang modelnya santai. Sedangkan untuk pria bisa pilih kemeja lengan pendek.

Model

Saat ini, model outfit batik sudah sangat beragam. Untuk acara formal, sebaiknya pilih model yang lebih klasik dan terkesan tradisional. Misalnya untuk wanita yang berhijab bisa pilih gamis batik atau tunik batik yang dipadukan dengan celana panjang. Bisa juga pilih blus batik dengan rok panjang, atau sebaliknya pakai blus polos dengan rok batik panjang.

Sedangkan untuk yang tidak berhijab bisa pilih outfit batik modernyang modelnya klasik. Hindari pilih outfit yang modelnya terlalu edgy dan modern. Untuk pria, di acara formal sangat disarankan pilih kemeja batik berlengan panjang.

Untuk acara kasual, modelnya bisa lebih bebas sesuai selera. Bagi wanita yang berhijab, bisa pilih gamis batik longgar yang warnanya pastel atau ngejreng. Bisa juga pilih tunik dan blus yang dipadukan dengan celana jeans. Sedangkan untuk yang tak berhijab, bisa pilih gaun yang modelnya lebih santai dengan detail modern. Selain itu, bisa juga kreasikan atasan dengan kain batik yang dililit sesuai selera. Sementara untuk pria, bisa pilih kemeja batik lengan pendek yang dipadukan dengan celana jeans atau celana bahan.

Walaupun jenis outfit batik makin beragam, jangan sampai bingung memilihnya. Dari berbagi tips di atas, jadi lebih tahun kan harus pilih outfit model apa dan ukuran yang tepat seperti apa? Yuk, pilih outfit batik yang paling sesuai dengan bentuk tubuh dan acara yang mau dihadiri agar dapat tampil menawan! 

Kembali ke list