6 Cara Mudah untuk Merawat Sepatu Sneakers Ini Wajib kamu Coba!

3 weeks ago

Sepatu sneakers kini makin digemari dan dipakai oleh segala kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, berbagai model sneakers juga dipakai untuk kesempatan kasual. Biar sneakers tetap awet dan tahan lama, harus tahu cara merawat sepatu sneakers yang benar.

Apalagi kalau sepatu sneakers sering dipakai di luar ruangan. Debu, genangan air, dan kotoran lainnya bisa menurunkan kualitas sepatu. Pastinya sneakers harus dicuci secara berkala. Tapi mencucinya pun tak bisa asal-asalan. Mau tahu bagaimana cara membersihkan dan merawat sneakers yang tepat? Yuk, simak keenam caranya di bawah ini.

Kenali Jenis Bahan Sneakers

Cara membersihkan sepatu sneakers yang pertama adalah kenali dulu bahan sneakers. Mulai dari bahan upper atau bagian atasnya. Biasanya, upper sneakers terbuat dari kanvas, kulit sintetis, suede, dan lain-lain. Yang pasti, bahannya lebih lembut dibandingkan bagian bawah sepatu. Karena itu, kamu harus pilih sikat yang bulunya lebih halus supaya tidak lecet atau merusak bahan. Sikat dengan lembut saja, serta gunakan campuran air sabun.

Sedangkan untuk bagian sol atau bawahnya, biasanya terbuat dari bahan yang lebih keras. Karena langsung bersentuhan dengan jalanan, biasanya bagian bawah sneakers akan lebih kotor. Kamu bisa gunakan sikat yang bulunya lebih keras, karena sikat semacam ini bisa menghilangkan kotoran dengan lebih cepat dan efektif.

Lap dengan Kain Bersih

Lalu bagaimana cara mencuci sepatu sneakers yang tak terlalu kotor atau terbuat dari kulit? Kalau khawatir bahannya rusak atau lecet, bisa gunakan lap. Cara merawat sneakers ini cocok untuk sepatu yang hanya dipakai sesekali saja dan tidak terlalu sering dipakai di luar ruangan. Kotorannya hanya sedikit, tapi sebelum disimpan lagi pasti harus dibersihkan dulu.

Gunakan dua macam lap berikut ini untuk membersihkan sepatu:

Kain Kering

Untuk sepatu yang hanya terkena debu sedikit, siapkan saja lap kering. Disarankan pilih lap yang terbuat dari bahan microfiber, karena bisa mengangkat debu yang menempel di sepatu dengan baik. Lap ini cocok untuk sepatu dari bahan kulit. Lap kering juga cocok dijadikan sebagai cara membersihkan sepatu sneakers putih.

Kain Basah

Sedangkan untuk sepatu yang ada nodanya sedikit, tapi bagian lainnya tidak terlalu kotor, gunakan lap microfiber yang dibasahi. Gunakan air bersih biasa, atau boleh juga dicampur dengan sabun maupun larutan pembersih khusus. Usapkan lap basah di bagian sepatu yang bernoda dan lap sampai bersih. Setelah itu, lap lagi dengan lap yang kering.

Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Mau membersihkan sneakers warna-warni tapi khawatir warnanya pudar dan jadi kusam? Tak perlu bingung lagi, karena sudah ada cairan pembersih khusus sepatu. Cairan ini sudah dirancang aman untuk sepatu warna apa pun. Jadi warna sneakers tak akan luntur, apalagi jadi kusam dan seperti sepatu lama.

Kalau sudah menemukan cairan pembersih khusus yang pas untuk sepatu kamu, jangan gunakan secara berlebihan. Baca aturan pakainya dengan baik sebelum mencuci. Biasanya kamu tidak perlu pakai cairan pembersih ini terlalu banyak untuk sekali mencuci sepatu.

Semprotkan Pelindung Sneakers

Sepatu yang sering dicuci memang warnanya bisa pudar atau bahannya menurun kualitasnya. Akhirnya sepatu jadi terlihat lusuh, meski sebenarnya bersih dan baru banget dicuci. Biasanya penyebabnya karena sepatu sering terkena air hujan, genangan air kotor, minyak, dan lain-lain.

Inilah gunanya cairan pelindung sneakers. Sekarang sudah ada cairan khusus yang mampu melindungi sepatu kamu dari air, minyak, dan debu. Sering kali sepatu sneakers hitam terlihat lusuh karena sering dipakai. Ini bisa jadi salah satu cara mencuci sepatu sneakers hitam yang baik.  Setelah sepatu dicuci, semprotkan dulu cairan pelindung ini sebelum menggunakannya. Sepatu hitam pun tetap terlihat hitam pekat dan tidak kusam karena air kotoran dan debu. Maka, cara merawat sepatu sneakers ini patut dicoba!

Simpan di Tempat yang Baik dan Benar

Setelah sudah tahu cara membersihkan sepatu sneakers yang benar, sekarang saatnya dipraktikkan dengan baik. Tapi, sepatu yang sudah dicuci dengan baik masih bisa kusam dan lusuh kalau tidak kamu simpan dengan baik dan benar. Misalnya, setelah dicuci lalu hanya diletakkan di rak yang ditempatkan di luar ruangan, atau di garasi yang dekat dengan kendaraan. Mobil dan motor pasti membawa debu dari luar, jadi mudah menempel di sepatu.

Tanpa perlindungan, sepatu yang bersih sekalipun tentu bakal kotor lagi. Jadi lebih baik sepatu yang sudah bersih dan benar-benar kering, disimpan di tempat khusus. Anda pun bisa menggunakan kotak untuk meletakkannya di rak sepatu agar lebih terlindungi. Selain itu, bisa juga gunakan rak sepatu yang bentuknya seperti laci. Jadi tanpa kotak pun sepatu tetap terlindungi.

Sekarang ada juga shoe cover atau sarung sepatu yang terbuat dari karet. Jadi setelah sepatu bersih, bisa langsung dibungkus satu per satu dengan sarung tersebut, dan kemudian baru dimasukkan ke rak. Dengan shoe cover, sepatu akan terlindung dari air, debu, dan kotoran lainnya. Tapi tidak disarankan untuk membungkus sepatu dengan plastik, karena ini justru bisa menimbulkan bakteri atau bahkan jamur.

Simpan di Suhu yang Tepat

Selain menyimpan di tempat yang bersih dan terlindung, ternyata suhu juga penting untuk diperhatikan. Suhu yang paling disarankan adalah suhu ruangan. Jadi tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Cek dulu rak sepatu yang tertutup. Jangan sampai di dalamnya terlalu pengap, panas, atau lembab. Karena suhu yang tidak sesuai dapat menimbulkan jamur dan sejenisnya. Suhu ruangan yang pas membuat sepatu tetap awet dan tidak merusak kualitasnya.

Hindari Menjemur Langsung di Bawah Sinar Matahari

Apa pun warna sepatunya, sepatu yang kotor pasti harus dicuci. Setelah mencuci dengan cara yang tepat, tentu kamu tidak bisa langsung menyimpannya dalam keadaan basah. Sepatu harus kering dulu, tapi hindari mengeringkan sepatu dengan menggunakan alat pengering mesin cuci. Cara ini bisa merusak bentuk sepatu. Paling baik mengeringkan sepatu dengan cara dijemur.

Sering kali karena ingin cepat kering, maka kamu menjemur sepatu di bawah sinar matahari terik yang sangat panas. Padahal cara ini justru berpotensi merusak warna sepatu dan membuatnya jadi pudar. Begitu kering, tanpa kamu sadari warnanya sudah berbeda. Kalau dilakukan terus-menerus, baru terlihat kalau warna sepatu sudah jauh berbeda dari waktu pertama kali dibeli.

Karena itu, lebih baik pilih tempat menjemur yang tidak terkena sinar matahari langsung. Utamakan tempat yang teduh dan terkena banyak angin. Tidak apa-apa kalau menjemurnya agak lama, asalkan tidak langsung terkena panas. Kalau sudah benar-benar kering, langsung simpan sepatu di kotak atau rak sepatu yang tertutup. Hindari terlalu lama menjemurnya.

Pastikan sepatu sneakers kerenmu tetap terlihat menarik. Dengan cara merawat sepatu sneakers yang tepat, sneakers lama tetap terlihat seperti baru. Bisa dijadikan investasi, jadi kalau dijual kembali pun harganya tetap tinggi. Yuk, mulai rawat sepatu sneakers koleksimu dari sekarang!

Kembali ke list