7 Jenis Topi Wanita Ini Bakal Bikin Penampilanmu Makin Stylish

2 weeks ago

Penampilan yang modis bukan hanya tentang baju yang kamu pakai atau sepatu yang dipilih, namun juga aksesoris yang berfungsi untuk mendukung gayamu supaya terlihat lebih mengesankan. Salah satu aksesoris yang oke banget untuk digunakan adalah topi. Walaupun identik dengan pria karena terkesan boyish nyatanya ada juga lho, jenis topi wanita yang manis untuk kamu pakai saat berkegiatan di luar ruangan.

Jenis-jenis topi wanita sendiri sebenarnya cukup beragam dengan kesan yang berbeda-beda. Ada yang membuat kamu terkesan sporty, ada yang cantik dan ada juga yang bikin penampilanmu jadi terlihat dramatis. Supaya tidak salah pilih dan penampilanmu lebih maksimal, yuk kenalan dulu dengan jenis topi yang cocok buat kamu dan peruntukannya. Dijamin kece!

Beanie

Topi pertama yang harus kamu punya terutama di musim dingin adalah beanie. Di Indonesia, topi ini juga dikenal dengan nama kupluk. Beanie biasanya terbuat dari bahan rajut atau material lain yang tebal dan elastis sehingga bisa mengikuti bentuk kepala. Ketebalannya membuat kepala dan telingamu jadi hangat makanya topi ini cocok dipakai ketika udara sedang dingin. Bisa juga dipakai saatkamu lagi liburan ke pegunungan atau daerah air terjun yang bikin menggigil.

Beanie yang dapat menutupi kepalamu dengan sempurna. Jadikamu bisa manfaatkannya untuk menyamarkan rambutmu yang lagi berantakan sehingga lebih rapi. Biasanya jenis topi ini dipasangkan dengan outfit hangat seperti jaket parka, sweater dan lain sebagainya. Tersedia dalam berbagai macam warna dan motif, beanie sebenarnya bukan hanya cocok buat wanita namun juga pria tergantung dari tampilan yang dipilih. 

Topi Boater

Kalau mendengar nama topi boater, apa yang terlintas di pikiranmu? Yes, terdengar seperti kapal (boat). Itu karena dulunya, topi yang terbuat dari anyaman jerami ini sering banget digunakan oleh para pelaut atau kru kapal.Makanya saat ini dinamakan demikian. Boater dikenal dengan bentuknya yang menyerupai tabung pendek solid dengan bagian atas yang rata. Untuk membuatnya lebih manis dan menarik biasanya di bagian pinggir diikat dengan pita berwarna.

Walaupun asalnya dulu adalah dari para pelaut, bukan berarti kamu harus menggunakannya saat pergi ke pantai aja. Nyatanya, topi boater ini bakalan bikin kamu kelihatan cantik saat menggunakannya untuk rekreasi kemanapun atau menghadiri acara santai. Umumnya sih, boater ini dipadukan dengan mini dress tanpa lengan khas musim panas supaya gayamu lebih all out. Kamu juga bisa memasangkannya dengan outfit kasual seperti celana jeans panjang dan blus tipis yang adem digunakan saat hari sedang panas-panasnya.

Beret Hat

Beret hat atau topi baret umumnya digunakan oleh kalangan militer sebagai bagian dari seragamnya. Di Eropa sendiri, topi ini banyak dipakai pada abad 19. Mengadaptasi gaya tersebut, muncullah beret hat yang biasanya digunakan oleh para wanita supaya penampilannya kelihatan lebih classy dan anggun. Topi ini memiliki bentuk yang menggelembung keluar terlipat di bagian tengah dan tidak punya tepian seperti halnya boater atau floppy.

Saat ini topi baret banyak terbuat dari bahan wol yang lembut dan tebal, katun atau juga serat akrilik. Serupa dengan fungsi asalnya tempo dulu, aksesoris ini biasanya dipasangkan dengan pakaian yang formal seperti blazer yang biasa kamu lihat dikenakan oleh puteri atau anggota kerajaan di Eropa ketika menghadiri acara resmi. Namun di sisi lain, ada golongan masyarakat awam yang juga menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari seperti pelukis. Tidak heran jika topi baret ini juga disebut sebagai topi seniman.

Bucket Hat

Hobi hiking atau menjelajah alam? Berarti kamu harus punya topi satu ini: bucket hat. Topi ini biasanya terbuat dari bahan katun yang dingin dan lemas sehingga mengikuti bentuk kepala. Bucket hat memiliki tepian yang cukup lebar sehingga kelihatan berlekuk-lekuk ketika kamu pakai. Salah satu ciri khas dari aksesoris wanita tersebut adalah adanya tali yang menjulur agar topi bisa menggantung di leher ketika kamu lepaskan.

By the way, kenapa ya topi ini disebut dengan nama bucket? Hal ini karena kalau topi ini kamu pegang dengan kondisi terbalik yaitu bagian yang terbuka berada di atas bentuknya bakal terlihat seperti keranjang sebab bahan topi yang lembut dan lentur. Sifat lembut dan lentur ini juga yang bikin bucket hat cocok dipakai di berbagai acara di outdoor. Kamu bisa memadukannya dengan kulot, kaos dan juga sneakers sebagai OOTD untuk hangout bareng temen-temen.

Schoolboy Hat

Ada macam-macam jenis topi wanita yang bakalan keren kamu pakai ketika keluar rumah, salah satunya adalah schoolboy hat. Apa tuh? Jadi, topi ini terinspirasi dari model topi yang dulu sering dipakai oleh anak sekolah atau anak-anak pengantar koran di negara Barat. Makanya ada sebutan lain buat schoolboy hat yaitu newsboy hat. Secara bentuk, topi ini memiliki kemiripan dengan baret namun dengan tepi depan yang kecil dan crown yang berada di tepiannya. Meskipun identic dengan anak laki-laki bukan berarti kamu yang perempuan tidak boleh memakainya.

Schoolboy hat ini sangat cocok dipasangkan dengan gaya pakaian kasual misalnya jaket denim dengan celana jeans. Jika ingin bereksperimen dengan gaya yang sedikit lebih resmi, kamu bisa coba menjadikan topi ini sebagai aksesoris saat mengenakan setelan blus dan juga rok span dengan warna senada dengan topi supaya tidak terlalu banyak warna.

Baseball Cap

Nah, ini dia jenis topi wanita yang paling sering dipakai karena sifatnya yang sebenarnya unisex alias bisa dipakai siapa saja. Orang Indonesia yang awam dengan mode mungkin biasa menyebutnya dengan istilah “topi” saja. Padahal, ada nama khusus yang bisa dipakai yakni baseball cap. Topi ini memiliki bagian depan yang kaku dan menutup dahi bahkan hingga mata sehingga sering digunakan untuk menyembunyikan wajah seperti artis yang tidak mau ketahuan paparazzi.

Topi baseball memiliki desain yang kasual dan dan modis sehingga gampang dipadukan dengan jenis pakaian apapun yang santai. Dipasangkan dengan t-shirt dan celana jeans, bisa. Dipadukan dengan celana pendek dan tanktop juga oke. Satu hal yang pasti, dengan mengenakan topi ini kamu jadi terlihat lebih sporty, keren dan bergaya. Kalau ingin lebih girly, kamu tinggal bermain warna saja dengan memilih baseball cap bernuansa pink, ungu atau warna lembut lainnya.

Sun Hat/ Floppy Hat

Dan jenis topi wanita terakhir yang bisa membuat penampilanmu lebih memesona dan cantik bukan kepalang adalah sun hat atau yang juga disebut dengan floppy hat. Topi ini paling sering dikenakan ketika ke pantai atau berkunjung ke daerah wisata yang panas karena bagian tepinya yang lentur dan lebar sehingga dapat melindungi kepala, mata bahkan wajah dari serangan panas matahari. Menariknya, apapun outfit yang kamu pasangkan dengan floppy hat, penampilanmu jadi kelihatan lebih girly.

Topi ini akan kelihatan menawan kalau kamu pasangkan dengan flowery dress berbahan ringan yang bergerak-gerak ketika tertiup angin untuk memberikan kesan lebih dramatis. Atau jika malas menggunakan rok, kamu bisa juga lho, memasangkannya dengan celana jeans dan atasan kasual yang berbahan adem.

Jenis topi wanita mana nih, yang sudah kamu punya? Jangan ragu untuk menambah koleksi topi wanitamu karena suatu saat pasti terpakai apalagi jika kamu punya banyak aktivitas di luar ruangan. Jangan takut dompetmu bolong karena ada NantiAja Paylater yang memungkinkan kamu membayar belanjaan dengan sistem angsuran hingga 4 kali! Jadi lebih ringan kan belanjanya kalau begini? Yuk, download aplikasi NantiAja sekarang.

Kembali ke list