Berikut Cara Merawat Sepatu Kanvas Putih yang Harus Kamu Tahu!

2 weeks ago

Sepatu putih selalu trendi dan bahkan jadi salah satu item fashion yang wajib dimiliki. Ini berlaku baik untuk pria maupun wanita. Salah satu pilihannya yang banyak digemari adalah sepatu kanvas putih yang bertali atau tak bertali. Cocok untuk kesempatan kasual, sepatu kanvas putih gampang sekali dipadukan dengan beragam outfit.

Masalahnya, karena warnanya yang putih bersih bikin sepatu kanvas putih jadi mudah kotor. Meski sudah dibersihkan berkali-kali, jadinya warna sepatu menguning. Tapi ada kok cara membersihkan sepatu kanvas putih yang menguning. Mau tahu? Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Hindari Tempat yang Becek

Salah satu cara merawat sepatu kanvas putih yang paling mudah adalah hindari berjalan atau menapak di jalanan yang basah dan becek. Kalau terpaksa harus lewat di tempat yang becek, jangan lupa perhatikan di mana kaki memijak. Setidaknya, kamu tidak akan menginjak genangan air atau lumpur yang pasti langsung bikin sepatu bernoda.

Selain itu, kalau sudah tahu hari itu bakal turun hujan dan aktivitasmu harus banyak berjalan di luar ruangan, sebaiknya hindari menggunakan sepatu putih. Khusus di hari-hari yang turun hujan, pilih saja sepatu dengan warna lain yang lebih gelap. Misalnya sepatu hitam, coklat tua, atau biru tua. Sepatu kanvas putihnya simpan saja dulu di rumah.

Bersihkan Secara Rutin

Sepatu kanvas putih bersih memang membutuhkan perawatan yang ekstra supaya tampilannya tetap seperti baru. Cara membersihkan sepatu kanvas putih adalah dengan dilakukan secara rutin. Apalagi kalau sepatu kanvas putihnya sering dipakai, pasti setiap hari terkena debu yang beterbangan di luar ruangan. Belum lagi bagian solnya pasti menginjak segala jenis permukaan.

Setidaknya bersihkan sepatu kanvas putih seminggu sekali. Ini adalah cara mencuci sepatu kanvas putih agar tidak kuning atau jadi terlihat kusam. Dengan begitu, warna putihnya tetap tahan lama dan sepatu jadi terlihat seperti baru. Untuk mencucinya, ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti di bawah ini.

Cuci dengan Tangan

Kalau ingin menjaga bentuk dan desain sepatu, cara yang terbaik adalah mencucinya dengan tangan. Ada banyak alat pembersih yang bisa kamu gunakan, misalnya pasta gigi, baking soda, ataupun cuka.

Cara membersihkan sepatu kanvas putih dengan pasta gigi adalah ambil secukupnya saja dan sikat menggunakan alat yang bulunya tidak terlalu kasar. Celupkan dulu sikat ke dalam air bersih, lalu sikat perlahan pada semua bagian. Sama juga untuk bagian bawah sepatu, tapi gunakan sikat yang bulunya lebih keras.

Sedangkan cara membersihkan sepatu kanvas putih dengan baking soda yang paling oke adalah dicampurkan dengan cuka. Komposisinya adalah satu sendok makan baking soda banding dua sendok makan cuka, lalu campurkan dengan satu cangkir air hangat bersih.

Untuk membersihkan sepatu kanvas putih yang tidak terlalu kotor, bisa gunakan lap saja. Celupkan ke larutan baking soda dan cuka, lalu usapkan lap ke sepatu bagian atas. Untuk sepatu bagian bawah, gunakan sikat yang bulunya agak keras. Campuran soda kue dan cuka mampu mengering dengan cepat. Jadi setelah dibersihkan, sepatu cukup diangin-anginkan saja sampai kering.

Cuci dengan Mesin

Cara mencuci sepatu kanvas putih disarankan tidak menggunakan mesin cuci, sekotor apa pun sepatunya. Karena ini dapat merusak bentuk sepatu. Tapi untuk sekedar mengeringkan, boleh gunakan alat pengering di mesin cuci. Terutama saat musim hujan yang jarang muncul sinar matahari. Daripada sepatu jadi bau, lebih baik keringkan dengan bantuan mesin.

Jadi cara membersihkan sepatu putih bahan kanvas adalah tetap cuci dengan tangan. Lalu setelah dibilas dengan air bersih, masukkan sepatu yang sudah bersih ke dalam alat pengering di mesin cuci. Tunggu sampai selesai, biasanya sudah cukup kering. Untuk yang kanvasnya tipis, bahkan bisa kering sepenuhnya.

Gunakan Semprotan Pelindung

Selain cara membersihkan di atas, kita juga bisa melindungi sepatu dari debu dan kotoran. Caranya adalah menggunakan semprotan pelindung sepatu. Ini adalah semprotan anti air yang bakal melindungi sepatu kita dari air hujan dan genangan air.

Semprotan pelindung sepatu biasanya mengandung wax atau lilin yang berfungsi melindungi seluruh bagian sepatu agar lebih terjaga kebersihannya. Selain bisa digunakan di sepatu kanvas putih, semprotan ini juga bisa diaplikasikan ke bahan sepatu lainnya.

Keringkan Secara Alami

Setelah mencuci sepatu, tentu sepatu harus kering dulu sebelum disimpan supaya baunya tidak apek. Cara terbaik untuk mengeringkan sepatu kanvas putih adalah secara alami dengan pancaran sinar matahari. Tapi bukan berarti harus dijemur di tempat yang sangat panas dan langsung terkena sorotan sinar, ya.

Sebaiknya pilih tempat yang cukup teduh dan berangin. Biarkan sepatu selama beberapa jam di tempat ini. Setelah kering, langsung ambil dan masukkan ke dalam kotak atau rak sepatu. Kalau memang ingin menjemur dengan cepat, boleh saja sesekali meletakkannya di tempat yang panas. Tapi jangan sampai kelupaan diambil. Biasanya dalam waktu sebentar saja sepatu sudah bisa kering, lalu langsung ambil dan simpan.

Pakaikan Pengharum Khusus Sepatu

Kelenjar keringat di kaki kita ternyata mengeluarkan keringat dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan berbagai organ tubuh lainnya. Jadi wajar kalau memakai sepatu terlalu lama dan tidak dilepas-lepas bakal menimbulkan bau. Ini disebabkan tumbuhnya bakteri akibat keringat berlebih. Memang sebaiknya sesekali membuka kaos kaki dan sepatu, lalu baru memakainya kembali saat kaki dalam keadaan kering.

Tapi kadang sepatu yang bau tak dapat dihindari. Tak perlu khawatir, karena sekarang sudah ada pengharum atau parfum khusus untuk sepatu. Parfum ini terbuat dari formula campuran berbagai bahan kimia yang mampu menetralkan bau dan mengeluarkan wangi tertentu. Biasanya bahannya mengandung alkohol dan zat anti bakteri.

Saat ini kamu dapat dengan mudah menemukan pengharum khusus sepatu di pasaran. Jenisnya mulai dari kemasan spray, parfum padat, sampai parfum elektrik. Pilih yang kemasannya paling nyaman dan mudah kamu gunakan. Bau apek pun tak bakal mengganggu lagi!

Gunakan Silica Gel

Tips lain untuk merawat sepatu kanvas putih supaya tetap terlihat bersih adalah menyimpannya di tempat yang juga bersih yang disertai dengan silica gel. Gunanya silica gel untuk sepatu adalah menghilangkan kelembapan yang berlebih. Dengan begitu, sepatu kamu jadi tidak berbau. Kalaupun sepatu agak berbau, silica gel mampu menyerap bau tak sedap dari sepatu kamu.

Dengan bantuan silica gel, meski sepatu kanvas disimpan di dalam kotak atau rak sepatu yang tertutup, begitu akan dipakai sepatu kamu tidak akan mengeluarkan bau tak sedap. Silica gel juga membantu menghindari tumbuhnya jamur pada sepatu maupun di dalam tempat penyimpanannya. Selain merawat sepatu, cara ini juga membantu kaki kita terhindar dari bakteri dan jadi lebih sehat!

Kembali ke list