Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil

4 months ago

Masalah keuangan bisa timbul dari banyak faktor, salah satunya karena gaji kecil. Kebutuhan yang banyak, tapi pemasukan terbatas, bagaimana harus mengaturnya supaya cukup? Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil memang harus dipelajari biar berbagai kebutuhan dan kewajiban tetap terpenuhi. Ini dia beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatur keuangan pribadi kamu dengan pemasukan kecil.

Pahami Prioritas

Manusia cenderung tidak pernah puas. Kita pasti punya daftar keinginan, kalau bisa semua ingin segera diraih dalam satu waktu. Tapi dengan gaji kecil, mau tak mau kita harus memilih. Mana pengeluaran yang jadi prioritas utama? Itulah yang harus diutamakan terlebih dahulu.

Tiap orang punya prioritas yang berbeda-beda. Misalnya untuk punya tabungan masa depan, setidaknya 3 sampai 6 bulan penghasilan. Ada juga yang menabung untuk bisa bayar uang semester sendiri. Atau ada yang prioritasnya untuk punya tabungan dalam jumlah tertentu setiap bulannya.

Cara mengatur keuangan mahasiswa yang punya pemasukan kecil juga sama. Cari tahu dulu apa prioritas kita. Hanya kita yang tahu apa tujuan finansial kita saat ini. Kalau sudah tahu, dari sini kita akan lebih mudah mengatur keuangan selanjutnya.

Atur Pola Hidup

Banyak orang yang menghabiskan banyak uang hanya karena pola hidup boros. Padahal, belum tentu semua hal yang kita beli itu benar-benar dibutuhkan. Hanya karena kebiasaan, maka pola hidup itu harus dipenuhi. Kalau diperhatikan, sebenarnya pola hidup semacam ini tidak sehat. Tapi jangan khawatir, tak ada kata terlambat untuk memperbaikinya!

Coba perhatikan pola hidupmu, pasti ada satu atau dua yang kurang sehat. Pelan-pelan, hilangkan kebiasaan buruk ini. Menghilangkan satu kebiasaan buruk bisa membuat hidup kita lebih sehat. Sehingga, dengan otomatis pengeluaran berkurang.

Hal kecil yang sepertinya tak berpengaruh, sebenarnya punya andil juga dalam pengeluaran kita. Misalnya kebiasaan merokok, makan di luar setiap hari, dan lain sebagainya. Begitu dihilangkan, pengeluaran kita pun langsung berkurang.

Kesampingkan Pengeluaran Tidak Penting

Coba diingat-ingat lagi, apakah setiap harinya kita punya pengeluaran yang tidak penting? Secara tak sadar, kadang ada saja pengeluaran yang sebenarnya bisa kita kurangi. Tapi selama ini kita menganggapnya sebagai pengeluaran kecil yang tak mempengaruhi keuangan kita.

Misalnya kebiasaan minum kopi. Beli kopi di luar sekarang anggap saja Rp 20 ribuan. Kesannya kecil, tapi coba saja dihitung, Rp 20.000 x 25 hari = Rp 500.000. Ternyata besar juga, kan? Nah, kita bisa kurangi kebiasaan ini dengan cara bawa kopi sendiri dari rumah. Tentu sesekali boleh-boleh saja membeli, tapi kalau bisa dikurangi kenapa tidak?

Menabung

Selanjutnya cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji 1 juta adalah dengan menabung. Ini adalah cara yang paling mendasar. Sejak kecil pasti kita diajari harus menabung, karena hemat pangkal kaya. Masalahnya, gaji 1 juta memangnya bisa ditabung? Tentu saja bisa. Caranya adalah dengan menyisihkannya langsung begitu gajian.

Kalau bisa, siapkan akun yang berbeda khusus untuk menabung. Kalau gaji masih kecil, jumlah tabungan tak perlu terlalu besar. Idealnya tabungan itu adalah 30% dari jumlah penghasilan kita. Tapi cara untuk mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil, jumlah tak jadi soal, asalkan masih ada yang disisakan untuk masuk tabungan. Jadikan menabung itu sebagai kebiasaan, ini akan terus kita lakukan karena sudah terbiasa.

Berinvestasi

Investasi adalah cara mengatur keuangan yang pintar dan diperlukan, berapapun gaji kita. Bentuk investasi sekarang sangat beragam. Mulai dari tabungan emas, deposito, saham, properti, dan lain sebagainya. Sekarang investasi bukan hanya untuk mereka yang punya banyak uang. Siapa saja bisa! Pastikan pelajari dulu jenis investasi yang ingin dilakukan dan pilih platform investasi yang kredibel.

Sesuaikan Gaya Hidup

Banyak orang yang kehabisan banyak uang hanya karena gaya hidup. Untuk mengejar gaya hidup yang mewah, penghasilan rela dihabiskan, bahkan sampai berhutang. Sebenarnya punya gaya hidup yang tinggi dan mewah itu pilihan masing-masing, asalkan kita memang mampu. Lihat lagi berapa penghasilan kita, lalu sesuaikan dengan gaya hidup yang tepat.

Belajar Literasi Keuangan

Hobi baca? Coba cari dan pelajari literasi keuangan sebanyak-banyaknya. Dari sana kita pasti dapat belajar untuk jadi lebih baik mengatur keuangan. Sudah banyak literatur keuangan dari untuk pemula hingga untuk profesional. Cara mempelajarinya juga cukup mudah. Pilih metode yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan dan mulai perbaiki keuangan dari sekarang!

Budgeting

Sudah belajar literasi keuangan, kini saatnya mulai mempraktikkan budgeting. Banyak orang yang merasa pengeluarannya hanya sedikit, jadi tidak butuh budgeting. Padahal, sebenarnya proses ini penting. Karena dari sini kita bisa meninjau kembali, sebenarnya kita punya pengeluaran yang tidak perlu atau tidak?

Dari budgeting kita jadi tahu apa yang jadi prioritas dan apa yang bisa dikurangi. Kalau sudah direncanakan, kita jadi lebih berhati-hati tiap kali mengeluarkan uang yang tidak sesuai rencana. Usahakan buat budgeting setiap bulan supaya tak mudah tergoda menghabiskan uang untuk hal-hal yang tak perlu.

Cari Pekerjaan Sampingan

Meski sudah berusaha mengatur keuangan dengan berhemat di sana-sini, tapi tetap saja gaji kecil tidak bisa menutupi kebutuhan? Kalau begitu, saatnya mencari pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kita bisa pilih pekerjaan yang menjadi keahlian kita, asalkan tidak mengganggu aktivitas utama.

Sekarang ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa kita dapatkan via online. Saat ini, terdapat serbagai macam platform pencari kerja yang terpercaya. Jenis pekerjaan yang ditawarkan pun cukup variatif. Anda bisa pilih yang mana yang sesuai dengan kemampuan dan fokus ke bidang yang sudah dipilih.

Mencari kerja sampingan via online sebenarnya sama saja dengan mencari kerja langsung, pekerjaan tidak semudah itu didapat. Kita harus rajin mencari dan konsisten, maka suatu saat pasti akan dapat juga. Siapa tahu dari pekerjaan sampingan ini justru berbagai kebutuhan dapat terpenuhi.

Manfaatkan Pembayaran Cicilan

Meski sudah mencoba mengurangi pengeluaran, pasti tetap ada saja kebutuhan yang bertambah. Misalnya harus beli laptop yang penting untuk mengerjakan tugas kuliah dan bekerja. Untuk barang yang fungsinya sangat penting seperti ini, mau tak mau harus dipenuhi.

Solusinya adalah memanfaatkan pembayaran cicilan. Sudah ada paylater yang bisa dijadikan salah satu cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil yang ampuh. Pilih barang yang sesuai kebutuhan, tidak perlu beli produk yang spesifikasinya berlebihan dan tak sanggup kita cicil. Gunakan paylater dengan bijak supaya gaji kecil tetap bisa memenuhi kebutuhan, serta pengeluaran tetap bisa diatur.

Kemudahan pembayaran dengan paylater sangat membantu kalau digunakan dengan tepat. Pastikan juga memilih platform paylater yang terpercaya, seperti NantiAja supaya semua transaksi berjalan lancar dan aman. Jangan lupa, meski sudah ada paylater, gunakan untuk hal-hal yang penting saja ya.

Kembali ke list