Cara Mudah Merawat dan Membersihkan Jam Tangan Kayu Matoa

4 months ago

Orang sudah memanfaatkan kayu untuk membuat berbagai aksesoris sejak ribuan, bahkan jutaan tahun yang lalu. Makin berkembangnya teknologi, makin kreatif dan rapi pula aksesoris kayu yang dipasarkan. Salah satu yang menarik adalah jam tangan kayu yang sedang naik daun belakangan ini. Di Indonesia, kita punya merek jam tangan kayu yang sudah memasuki pasar global, yaitu Matoa. Karena membutuhkan proses pembuatan yang tidak mudah, maka harga yang ditawarkan biasanya cukup tinggi. Jadi kalau kamu punya jam tangan kayu, pastikan dirawat dengan baik ya. Mau tahu bagaimana cara merawat jam tangan kayu supaya tahan lama dan tetap bagus seperti baru? Intip tipsnya berikut ini.

Ganti Baterai Jam Secara Berkala

Sama seperti jam tangan jenis lainnya, jam tangan kayu umumnya beroperasi dengan bantuan baterai. Tiap setahun atau dua tahun sekali, baterainya perlu diganti. Jadi kita harus ingat-ingat kapan waktu yang tepat. Kalau tiba-tiba jam tangan berhenti bekerja, mungkin saja penyebab pertamanya adalah baterainya sudah habis.

Baterai jam yang habis dan tidak segera diganti justru bisa merusak jam, lho. Jadi hindari menunggu terlalu lama setelah baterai jam habis. Untuk ganti jam baterai jam tangan kayu, lebih baik pergi ke toko jam dan digantikan oleh ahlinya ya.

Bersihkan dengan Kain atau Kuas

Kalau jam dipakai keluar rumah, pastinya bakal ada debu dan kotoran yang menempel. karena itu membersihkan jam tangan kayu itu penting. Kalau kamu lagi sibuk, bisa dibersihkan dengan cara yang simpel kok. Cukup ambil kain, seperti kain pembersih kaca mata, lalu lap saja semua bagiannya. Kalau ada kuas yang ukurannya cukup kecil juga bisa digunakan untuk menyeka debu yang menempel.

Gunakan Minyak Alami

Jam tangan kayu, seperti Matoa tidak perlu dibersihkan dengan cairan pembersih, polisher untuk mengilapkan, apalagi sabun. Cukup dibersihkan biasa saja dan tampilannya bisa makin bagus dari waktu ke waktu. Cairan justru bisa merusak jam tangan, apalagi kalau sampai masuk ke bagian mesinnya.

Tapi kamu bisa membersihkan jam tangan dari kayu menggunakan sedikit minyak alami. Minyaknya juga tidak perlu langsung dituangkan di jam tangan. Melainkan tuangkan dulu minyak alami ke kain sedikit saja, baru dilap ke jam tangan hingga bersih.

Hindari Air

Supaya jam tangan kayu dari merek Matoa dan merek lainnya tahan lama, pastikan kamu tidak memasukkannya ke dalam air. Pada umumnya jam tangan kayu tidak didesain tahan air. Tapi ada yang sudah splash resistant, atau tahan terhadap percikan air, seperti Matoa. Bila terpaksa harus terguyur gerimis, tenang aja! tak perlu khawatir, asalkan bukan hujan deras.

Saat mau mandi, sebaiknya lepaskan dulu jam tangan kayu. Apalagi kalau mau melakukan berbagai aktivitas di dalam air seperti berenang, surfing, snorkeling, apalagi menyelam. Karena tidak butuh lama, jam tangan kayu bakal mati kalau masuk ke dalam air.

Gunakan Lemon atau Jeruk Nipis

Lalu bagaimana kalau jam tangan kayu terkena noda yang membandel? Tidak perlu pakai cairan pembersih, cara membersihkan jam tangan kayu yang terkena noda adalah dengan memanfaatkan lemon atau jeruk nipis. Peras lemon atau jeruk nipis sedikit saja di atas kain bersih. Lalu usapkan kain ke seluruh bagian jam. Pastikan untuk memberikan sedikit saja perasan jeruk nipis agar tidak merusak jam tangan kayu kamu, ya.

Hindari Cuaca Ekstrem

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jam tangan kayu biasanya tidak didesain tahan air. Jadi memang bukan tipe jam tangan yang bisa dipakai untuk berbagai aktivitas air, terutama yang ekstrem. Sama juga dengan jam tangan Matoa.

Jadi saat kondisi cuaca lagi ekstrem, di mana sebentar panas terik dan tiba-tiba hujan deras, sebaiknya hindari menggunakan jam tangan kayu. Bisa-bisa kalau hujan deras dan kita lupa melepasnya, jam tangan bisa langsung rusak. Kalau sebelum keluar rumah sudah tahu cuaca lagi kurang oke, sebaiknya pakai jam tangan yang lain. Kalau terlanjur dipakai dan hujan deras, lepas dulu jam tanganmu.

Sering Bersihkan

Cara merawat jam tangan kayu berikutnya adalah dibersihkan secara berkala. Aksesoris dan jam tangan jenis apa pun yang dibiarkan kotor setelah dipakai berhari-hari pasti bakal terlihat kotor dan kusam. Kalau dibiarkan, debu bisa sulit dibersihkan dan tampilan jam tangan jadi tak sebagus saat baru dibeli.

Karena itu, sebaiknya kita merawat jam tangan kayu secara berkala. Cukup sediakan setidaknya 5 menit saja setiap minggu, sudah cukup. Tapi kalau kebetulan terkena noda, sebaiknya segera dibersihkan supaya tidak jadi noda membandel.  

Hindari Sinar Matahari Langsung

Saat baru dibersihkan dengan lap atau kuas saja, jam tangan kayu Matoa dan merek lainnya tentu tidak perlu dijemur di bawah sinar matahari. Setelah dilap, cukup dimasukkan ke dalam boks jam tangan atau letakkan di rak aksesoris yang aman supaya tidak mudah jatuh.

Sama halnya kalau kamu membersihkannya dengan minyak alami, lemon atau jeruk nipis. Karena minyak dan perasan lemon dan jeruk nipis yang digunakan hanya sedikit, jadi tidak perlu dijemur di bawah sinar matahari. Cukup dilap lagi dengan lap yang kering. Setelah itu, cukup simpan saja di dalam boks atau rak. Menghindari sinar matahari langsung akan membuat jam tangan kayu kamu bertahan lebih lama dan tidak mudah lapuk.

Gunakan Sesering Mungkin

Karena model dan tampilannya yang unik, sebagian orang menjadikan jam tangan kayu miliknya sebagai jam yang spesial. Mereka sebenarnya ingin menjaga jam tangan kayu agar lebih awet dan tampilannya seperti baru terus. Ternyata, kalau mau tampilannya makin oke, justru jam tangan kayu harus sering dipakai, loh.

Sama juga kalau kamu punya jam tangan Matoa. Kayu justru bisa membentuk warna dan tampilan setelah dipakai secara berkala. Kalau disimpan begitu saja, justru tidak akan sebagus itu. Jadi sebaiknya gunakan saja jam tangan kayu milikmu, jangan hanya disimpan saja.

Simpan di Tempat Aman

Bukan hanya dibersihkan saja, cara merawat jam tangan kayu yang tidak boleh luput adalah harus disimpan dengan baik dan benar. Kalau sedang tidak dipakai, pastikan kamu menyimpan jam tangan kayu di tempat yang aman dan diletakkan dengan baik. Kalau disimpan sembarangan, bisa-bisa jam tangan jadi tergores, atau lebih parah, kacanya bisa pecah karena terjatuh.

Pastikan jam tangan kayu ditutupi kain lagi supaya tidak mudah tergores. Masukkan ke dalam boksnya supaya makin aman. Kalau sudah ada di dalam boks dan dilapisi kain, kalaupun tidak sengaja terjatuh, kita tidak perlu khawatir karena jam tangan kayu tetap aman.

jam tangan kayu lokal matoa

Makin tertarik punya jam tangan kayu yang keren? Kamu bisa dapatkan jam tangan Matoa model kotak atau bulat dengan varian warna yang variatif, ada yang kayunya terang, ada yang gelap juga.

Beli jam tangan kayu jadi jauh lebih hemat dan terjangkau pakai NantiAja paylater. Jam tangan kayu impian kamu bisa cepat dipakai di tangan, bayar cicilannya pun bisa disesuaikan dengan kemampuan! Tunggu Apalagi? Pelajari caranya Disini!

Kembali ke list