Fashion Item yang Tak Lekang oleh Waktu, Kamu Punya yang Mana?

4 months ago

Kita semua tahu bahwa fashion akan selalu berganti. Kalau tahun 2000-an, celana low waist yang garisnya ada di pinggul itu dianggap paling modis, sudah 5 tahun belakangan ini justru celana high waist, yang garisnya ada di atas pinggang, yang lagi marak dicari. Kalau kamu termasuk yang fashionable banget, pasti ingin selalu up to date dengan tren terkini.

Tapi ada juga lho fashion item yang tak lekang oleh waktu. Dari puluhan tahun yang lalu sampai sekarang tetap terlihat trendi, bukannya terlihat kuno. Padu padankan dengan tren paling kekinian dan tampilanmu pun jadi keren banget. Apa saja sih fashion item yang selalu trendi itu? Yuk cek daftarnya di bawah ini

T-Shirt Putih

Fashion item yang tak lekang oleh waktu pertama jelas adalah T-shirt atau kaus putih. Item yang satu ini bisa dipakai oleh semua gender. Tampilan simpel dan kasual, entah kenapa bisa selalu terlihat keren kalau padu padannya tepat. T-shirt putih gampang banget dipadukan dengan berbagai busana lainnya, jadi bisa punya tampilan berbeda hanya dari satu jenis item saja.

Menariknya, T-shirt putih bisa dipakai formal maupun informal. Untuk tampilan informal gampang saja, cukup pakai T-shirt putih dengan celana jeans, beres. Bisa juga pilih model bawahan lainnya dari jenis dan model kain yang kasual. Padukan juga dengan sneakers atau sepatu sandal yang santai.

Sedangkan untuk tampilan formal, biasanya T-shirt putih bisa dipadukan dengan celana kain yang rapi dan tambahkan jas atau blazer warna gelap. Untuk wanita, bisa juga pakai rok yang modelnya rapi seperti rok pensil. Jangan lupa tambahkan beberapa aksesoris dan pakai sepatu formal biar makin pas dengan acara resmi.

Jeans

Ini dia fashion item yang luar biasa karena sudah digunakan lebih dari 100 tahun  namun sampai sekarang masih tetap trendi. Jeans sendiri sebenarnya sudah ditemukan sejak tahun 1795 di Prancis. Penggunaannya yang seperti sekarang ini dipopulerkan oleh Levi Strauss & Co. atau Levi’s yang pertama kali dirilis tahun 1873.

Meski dulunya dikenal sebagai pakaian para pekerja karena bahannya yang kuat, jangan salah sebab saat ini jeans berkembang jadi fashion item yang wajib dimiliki remaja generasi ini. Bahkan tak hanya remaja saja, jeans bisa dipakai oleh segala usia, dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun.

Saat ini jeans lebih dikenal sebagai fashion item yang kasual. Tapi sebenarnya juga bisa dipakai untuk acara formal. Asal pilih warna yang tepat dan padukan dengan fashion item lain bergaya resmi. Mudah bukan? Jadi, jeans tetap bisa dipakai ke segala acara.

Blazer Hitam

Blazer hitam pertama kali populer di tahun 1800-an di Oxford dan Cambridge, Inggris. Dulunya blazer hanya digunakan oleh sekelompok pendayung di kampus prestisius Inggris, fungsinya agar tubuh mereka lebih hangat. Tapi tentu modelnya pun belum setrendi sekarang. Sama seperti varsity jacket kampus di masa sekarang, blazer Oxford dan Cambridge ini dianggap keren dan bisa menyempurnakan penampilan.

Dari hanya dipakai di kampus bergengsi Inggris, blazer pun akhirnya jadi fashion item yang banyak digunakan untuk berbagai aktivitas lain, termasuk busana formal di kantor. Awalnya blazer identik dengan pakaian pria saja. Meskipun aktris Prancis bernama Sarah Bernhardt sebenarnya sudah memakainya di tahun 1870 dan menjadi kontroversi.

Blazer untuk wanita baru benar-benar diakui sejak Coco Chanel memakainya, dipadukan dengan rok sepanjang mata kaki di tahun 1914. Terinspirasi dari Coco Chanel, blazer hitam pastinya bisa jadi fashion item yang wajib dimiliki remaja berhijab, sebab desainnya yang sangat memadai untuk para hijabers. Cocok dipadukan dengan rok panjang dan sepatu sneakers, blazer hitam bisa dipakai ke acara formal maupun kasual.

Kemeja Biru

Selain kemeja putih, kemeja biru juga jadi fashion item yang wajib dimiliki pria. Warna biru memang termasuk warna yang “aman” dan mudah dipadukan dengan berbagai warna lainnya. Mulai dari hitam, abu-abu tua, abu-abu muda, coklat, krem, putih, merah, dan banyak lagi. Kemeja biru bisa digunakan untuk acara kasual maupun formal.

Untuk tampilan kasual, kemeja biru bisa dibiarkan tidak terkancing dan dipadukan dengan T-Shirt putih di dalamnya. Untuk celana, pilihlah yang juga bergaya kasual. Misalnya celana pendek, jeans, chino, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk tampilan formal, bisa pakai kemeja biru lengan panjang dan padukan dengan celana bahan warna gelap. Jangan lupa gunakan sepatu formal seperti pantofel atau ankle boots untuk melengkapi penampilan resmi Anda.

Scarf Motif

Ini dia fashion item yang wajib dimiliki wanita berhijab maupun tak berhijab. Scarf motif bisa dipakai sebagai hijab, bisa juga dipakai di leher untuk melindungi dari udara dingin, atau sekedar untuk bergaya. Bahkan scarf yang ukurannya besar, bisa juga dipakai sebagai rok.

Pilihan motif dan warnanya pun sangat variatif. Ada yang bermotif flora seperti bunga dan dedaunan, atau justru ada yang motif bulu fauna, seperti macan tutul dan zebra. Lebih suka motif abstrak? Pilihannya pun banyak banget!

Serunya, pakai scarf motif kita bisa pilih warna sesuai selera atau menyesuaikan dengan pakaian yang dipakai pada hari itu. Tampilan jadi berbeda-beda setiap hari. Tak mudah bosan dan terlihat selalu trendi. Scarf motif tak pernah lekang oleh waktu dan tak pernah terlihat kuno.

Sneakers Putih

Beberapa tahun belakangan ini, sepatu sneakers makin populer dan penggunaannya bisa lebih fleksibel. Kalau dulu lebih identik dengan anak muda, sekarang orang dewasa dan lanjut usia pun menyukai sneakers karena memang lebih nyaman dipakai sehari-hari. Salah satu jenis yang tak lekang oleh waktu adalah sneakers putih.

Sneakers putih mulai banyak digunakan karena seri sepatu Keds asal Amerika Serikat yang sudah dirilis sejak tahun 1916. Sepatu kanvas yang nyaman ini sampai sekarang masih jadi item trendi setelah lebih dari 100 tahun berlalu. Namun saat ini, sneakers putih yang paling mendunia adalah sepatu tenis keluaran Adidas di tahun 1971.

Sepatu tenis Adidas ini jadi salah satu produknya yang paling populer. Bagian luarnya terbuat dari kulit, sedangkan bagian solnya terbuat dari karet yang nyaman. Seri sepatu ini dinamakan Stan Smith, diambil dari petenis Amerika.

Sneakers putih pastinya cocok banget dipakai untuk kesempatan kasual. Karena menggunakan warna basic, sudah pasti lebih mudah dipadukan dengan berbagai model dan warna pakaian. Sneakers putih cocok dipadukan dengan segala macam celana dan model apa pun. Cocok juga dipakai dengan rok pendek, midi, hingga panjang. Sesuaikan saja dengan selera masing-masing.

Punya keenam fashion item yang tak lekang oleh waktu di atas pasti bakal berguna karena sering dipakai, jadi sama sekali tak rugi kalau kamu beli dengan kualitas yang baik. Sekarang belanja fashion item jadi lebih mudah karena ada layanan paylater seperti NantiAja. Cukup bayar 25% dari harga total item yang lagi diincar, lalu cicil hingga 4 kali untuk tiap transaksi yang kamu buat. Simpel dan tak dikenakan bunga pula!

Kembali ke list