Kenali Brand Batik Lokal dengan Model Kekinian Berikut Ini!

2 months ago

Batik merupakan salah satu kekayaan budaya nasional yang wajib dilestarikan agar tidak tergerus zaman. Menariknya, jika dulu kain tradisional ini lebih banyak digemari oleh orang tua untuk menghadiri acara formal, kini cukup banyak brand batik lokal yang justru menjadi andalan kaum muda ketika harus menghadiri berbagai acara. 

Pergeseran selera ini salah satunya terjadi karena brand batik anak muda dapat membaca keinginan konsumen. Alih-alih memberikan opsi terbatas pada batik coklat yang klasik, brand batik Indonesia masa kini lebih berani bermain warna dan model busana.

Kamu yang sedang bingung mencari brand batik terkenal di Indonesia yang dapat diandalkan untuk memberikan sentuhan modern pada pakaianmu, bisa mencoba beberapa merek berikut ini. Semuanya adalah brand batik lokal yang sudah tahunan berkiprah di dunia fashion, sehingga tidak heran bila harga dan kualitas sangat bersaing.

Nayara

Brand batik terkenal di Indonesia yang pertama dan wajib banget kamu tengok adalah Nayara. Tidak banyak yang tahu bahwa Nayara sudah mengembangkan sayapnya di dunia fashion batik dan basic daily wear sejak tahun 2011 lalu. Artinya, sudah lebih dari 10 tahun brand batik modern Indonesia ini menunjukkan kebolehannya dalam mengolah kekayaan tradisional nusantara menjadi busana yang cocok dipakai, bahkan oleh anak muda. Itulah sebabnya, Nayara masuk dalam jajaran jenama batik lokal yang perlu diperhitungkan. Dan sebagai informasi juga, brand ini lebih fokus pada fashion wanita, lho.

Nayara menghadirkan ratusan koleksi menarik yang menjadikan pengalamanmu memakai batik lebih menyenangkan. Ada set busana yang cocok dipakai ke kantor, ada juga set batik santai untuk acara kasual, bahkan di sini kamu juga dapat menemukan berbagai dress batik yang membuat penampilanmu jadi lebih berkelas. 

Jika kebetulan kamu membutuhkan daily wear yang simpel untuk dipadukan dengan batikmu, misalnya celana atau kardigan, Nayara juga punya sejumlah koleksi yang tidak kalah menawan. Untuk harganya sendiri, produk Naraya dapat kamu bawa pulang mulai harga 300 ribuan hingga 2 jutaan, tergantung dari item yang dipilih.

Bonolo

Merek Batik di Indonesia selanjutnya yang akan memanjakan penglihatan dengan berbagai koleksi menarik adalah Bonolo. Diprakarsai oleh Ergy Adhitama, Bonolo lebih fokus pada busana batik formal pria yang cocok digunakan untuk bekerja. Hal ini mengindikasikan sebagian besar model baju batik yang diusung cenderung “serius” namun tetap modis. Dimana hal tersebut yang menjadi jiwa bagi setiap produk Bonolo. Salah satu aspek menarik yang dimiliki brand batik lokal ini adalah jenis kain batik yang digunakan. Kain batik yang digunakan yakni kain tenun yang secara kualitas tidak perlu diragukan lagi. Dari segi motif, kamu mungkin akan terkejut karena Bonolo sangat mencerminkan selera muda yang anti-mainstream.

Kelahiran Bonolo sendiri berawal dari riset Ergy Adhitama yang menemukan bahwa anak muda sulit menemukan batik yang sesuai dengan seleranya. Alih-alih membuat mereka percaya diri, batik yang dipakai justru membuat penampilan tampak tua. Sebab yang digunakan adalah batik warisan orang tuanya atau hanya memilih model yang ada saja. Berbekal kreativitas dan temuan riset tadi, Bonolo dikembangkan dengan model standar kemeja pria, namun dengan corak yang membuatnya beda dari yang lain. Untuk harganya, Bonolo dibanderol mulai dari 300 ribuan hingga 600 ribuan.

Batik Gaya

Batik Gaya adalah merek batik di Indonesia yang benar-benar bikin kamu bisa tampil penuh gaya, walaupun identik dengan membawa aksen tradisional yang sering dianggap kuno. Lebih fokus pada batik wanita, Batik Gaya menghadirkan ratusan koleksi menarik yang memenuhi selera dan kebutuhan wanita dalam berbusana batik. Blus, tunik, set, hingga outer batik semua bisa kamu temukan di sini. 

Satu hal yang menarik dari Bati Gaya adalah kamu juga bisa lho, melakukan pre order atau pemesanan di luar stok yang tersedia. Dalam sistem PO ini kamu dapat menentukan sendiri panjang lengan dan baju serta ukuran lain untuk memastikan kenyamanan maksimal ketika kamu mengenakannya.

Merek batik ternama di Indonesia ini tidak main-main dalam urusan kualitas. Setiap material yang digunakan telah dipilih dengan selektif, sehingga tidak heran bila Batik Gaya terlihat anggun dan mewah. Namun perlu diingat, kain batik modern dan berkelas seperti ini tidak boleh diperlakukan sembarangan, termasuk ketika mencucinya. Daripada batik kesayanganmu rusak, pastikan kamu melakukan perawatan manual dengan detergen dan pelembut kain berformulasi ringan. Bicara tentang harga, Batik Gaya ditawarkan mulai 300 ribuan hingga 600 ribuan.

Eaja Batik

Batik memang identik dengan penampilan formal yang biasa ditunjukkan untuk menghadiri acara seperti pertemuan atau rapat. Meskipun formal, bukan berarti memakai batik menjadikan kamu kelihatan kaku dan tidak modis. Terlebih lagi untuk perempuan yang menjadikan selera fashion-nya sebagai daya tarik. Eaja Batik adalah merek batik lokal selanjutnya yang akan sukses membuat penampilanmu lebih stylish dalam balutan batik modern. Eaja memiliki segudang koleksi yang cocok dipakai untuk bekerja, namun tidak memberikan kesan stiff ataupun kuno sama sekali. Dengan permainan model baju dan warna kain batik yang digunakan, kamu akan kelihatan lebih segar saat mengenakannya.

Brand batik ternama asal Surabaya ini ternyata juga memiliki beberapa koleksi baju batik untuk pria, walaupun memang jumlahnya tidak sebanyak batik wanita. Kamu yang ingin tampil serasi dengan pasangan bisa memilih motif yang sama. Karena mereka tersedia untuk kedua kategori pakaian tersebut. Harga yang ditawarkan Eaja Batik terbilang masuk akal dengan kualitas bahan dan jahitan sebagus itu, mulai 200 ribuan hingga 600 ribuan saja.

Bhatara Batik

Perlu berpakaian batik yang serasi untuk seluruh keluarga? Bhatara Batik menawarkan koleksi batik modern terkini untuk semua konsumen tanpa pandang jenis kelamin dan usia. Di sini kamu dapat menemukan pilihan blus, tunik, hingga set batik terbaik yang motifnya dapat dibuat seragam. Hal inilah yang menjadi daya tarik dan juga nilai plus dari Bhatara Batik yang jarang ditemukan di tempat lain.

Kelebihan lain dari merek ini adalah kamu bahkan bisa membawa pulang koleksi terbaik Bhatara Batik hanya dengan harga 100 ribuan saja. Nominal ini terbilang ramah di kantong. Karena biasanya, batik bermutu dengan desain modern dibanderol dengan harga di atasnya. Dengan begini, mengenakan batik sarimbit atau kembaran dengan keluarga tidak akan membuat kantongmu jebol.

Alleira Batik

Ada kalanya kamu perlu memakai baju batik dengan kualitas premium agar penampilan kelihatan elegan dan mewah untuk menghadiri acara spesial. Dalam hal ini Alleira Batik dapat menjadi salah satu opsi terbaik yang menawarkan produk untuk pria dan wanita. Alleira Batik yang berpusat di Jakarta memberikan cukup banyak opsi dengan rentang harga beragam untuk menyediakan keperluan para konsumennya. Bukan hanya dari segi kenyamanan berbusana, namun juga kesehatan dompetmu.

Bagi wanita, Alleira Batik banyak menawarkan tunik, blus, juga set pakaian yang cantiknya bukan main. Kamu bisa melenggang dengan percaya diri dalam balutan produk Alleira, apalagi jika masuk dalam kategori populer. Nah, untuk pria batik ini juga memiliki sejumlah koleksi lengan pendek dan panjang yang keren untuk dipakai ke berbagai acara. Makanya, tidak heran bila Alleira Batik membanderol produknya mulai harga 300 ribuan hingga 2 jutaan!

Berbagai brand batik lokal di atas memiliki kualitas yang bagus dengan model modern yang sesuai dengan gayamu. Jangan heran bila kamu harus merogoh kocek lebih dalam jika ingin memilikinya. Kabar baiknya adalah dengan NantiAja Paylater kamu bisa mendapatkan item manapun yang diinginkan dengan cara angsuran 4 kali tanpa bunga. Belanja jadi lebih ringan, kan?

Kembali ke list